Daur Ulang Air di Rumah

Cara efektif dalam menggunakan air di rumah merupakan bagian dari proses daur ulang air. Sudah selayaknya air digunakan secara bijak, meskipun itu didapat secara gratis, karena pertumbuhan kebutuhan akan air akan semakin meningkat, dan gejala kekurangan air semakin terlihat. Daur ulang air bisa memaksimalkan penggunaan air secara efektif sesuai proporsinya.

Meskipun sebenarnya air buangan bisa saja diolah menjadi air bersih, namun bisa saja digunakan untuk hal lain. Bisa saja menggunakan air bekas cucian untuk membersihkan mobil, sepeda motor, sepeda untuk bilasan pertama dan terakhir menggunakan air bersih di bilasan terakhir. Penggunaan air yang efektif akan meningkatkan efisiensi dalam penggunaan air dan menimbang bahwa air adalah kekayaan alam yang harus dimanfaatkan secara bijak.

Seringkali kita mengabaikan air buangan dari rumah tangga, biasanya dibuang ke got tanpa memikirkan kearah mana air ini akan berujung. Padahal bila ditelusuri air got bukanlah hal yang tepat untuk proses daur ulang air maupun program menjernihkan air buangan. Air got adalah symbol keacuhan terhadap lingkungan, membiarkan polutan mencemari lingkungan adalah hal yang negatif.

Ada baiknya bila air buangan rumah tangga diolah sebelum dialirkan ke got, yang ujung-ujungnya mengalir ke sungai. Jadi lebih baik menjaga kebersihan air sungai dengan mengolah atau daur ulang air buangan di rumah. Caranya sangat sederhana, dengan metode yang murah, mulai dari penyaringan, pengendapan dan penetralan, sebelum air dialirkan ke got atau sungai. Bila ini dilakukan di tiap rumah tangga, maka tidak akan ada istilah air got berbau, atau sungai yang keruh dan berbau.

Daur ulang air secara sederhana di rumah

Di lingkungan kecil rumah tangga, penggunaan air untuk membersihkan alat rumah tangga bisa digunakan untuk mencuci mobil atau menyiram taman. Memang air buangan dari mencuci ini bisa ditampung dan digunakan lebih efisien dan efektif. Cara ini akan menghemat penggunaan air bersih secara keseluruhan. Bisa juga air bekas cucian ini dialirkan secara khusus untuk membersihkan WC atau flushing WC.

Pemanfaatan air buangan untuk tujuan lain ini meningkatkan efisiensi dalam penggunaan air. Jadi rasio air yang terbuang akan menurun selama air digunakan sesuai proporsinya. Cara ini akan menghematsumber daya dalam mendaur-ulang air secara umum. Awali dengan penggunaan air yang efektif akan menuju ke daur ulang air yang sederhana dan bisa dilakukan siapapun.

Daur ulang air buangan secara sederhana di rumah

Air buangan yang sering tidak diolah dan langsung dibuang ke got atau sungai, sudah harus diolah dulu secara sederhana. Prinsipnya memang mengurangi pencemaran di air sungai, juga mengurangi pencemaran di air tanah. Apalagi bila masih menggunakan air tanah sebagai sumber air sehari-hari.

Cara daur ulang air buangan sangatlah mudah, memang harus menyediakan setidaknya dua kolam atau bak penjernihan. Namun kedua bak ini melewati proses penyaringan, pengendapan dan terakhir penetralan atau penjernihan. Setidaknya saat air buangan ini masuk ke sungai atau meresap ke air tanah sudah dalam kondisi lebih ringan polutannya. Memang tidak akan bersih tapi setidaknya air buangan tidak mencemari lingkungan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger