Belimbing Wuluh dan Khasiatnya


Jika anda memiliki belimbing wuluh di pekarangan rumah, anda pasti beruntung. Karena belimbing wuluh memiliki banyak manfaat. Meskipun belimbing wuluh sudah dikonsumsi para ibu sudah sejak lama, namun beberapa kurang mengerti akan khasiat dari belimbing wuluh. Biasanya para ibu menggunakannya sewaktu memasak sayuran atau sebagai campuran membuat lauk. Karena kalau mengkonsumsinya secara langsung, akan tidak tahan dengan rasa asamnya.

Namun ada juga yang berani mengkonsumsinya secara langsung. Biasanya dengan alasan untuk pengobatan. Karena siapa yang akan tahan dengan rasa asamnya. Ada juga yang mensiasati dengan membikin jus belimbing, tapi dicampur buah-buahan yang memiliki rasa lebih manis. Dan hasilnya jelas berasa manis sedikit asam, tapi menyegarkan. memang belimbing wuluh bisa digunakan sebagai bahan sirup penyegar. Karena rasa asamnya menyegarkan.

Tanaman belimbing wuluh tumbuh di berbagai tempat di daerah tropis. Dengan nama yang berbeda-beda, mengikuti julukan bahasa daerah tersebut. Tapi memiliki manfaat atau khasiat yang sama. Di literatur biologi belimbing wuluh memiliki nama yang indah, yaitu Averrhoa bilimbi L. Tanaman ini memiliki struktur yang hampir sama dengan pohon belimbing, memiliki dahan, daun, yang hampir sama, tapi memiliki bentuk buah yang berbeda. Buah belimbing wuluh lebih kecil dari belimbing pada umumnya.

Buah belimbing wuluh berbentuk lonjong, memiliki ukuran bervariasi antara 3-5 cm. Memiliki warna hijau dan menjadi kekuningan jika sudah mulai masak. Rasa asamnya akan tetap ada, walaupun buah belimbing wuluh ini sudah masak sekalipun. Namun buah belimbing suda bisa diolah tanpa menunggu buah tersebut masak.

Pada beberapa penelitian ditemukan adanya unsur farmakologi pada belimbing wuluh. Sehingga menjadikan belimbing wuluh bisa berguna untuk pengobatan. Salah satunya bisa menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun jika anda memiliki darah rendah atau hipotensi, jangan konsumsi belimbing wuluh, karena akan semakin membuat anda lebih hipotensi.

Manfaat lain belimbing wuluh, bisa membantu mengatasi sariawan, terutama pada anak kecil yang tidak menyukai obat yang rasanya pahit. Maka anda bisa membuat sirup atau jus belimbing dengan campuran buah yang lebih manis, agar tak terlalu berasa asam. Atau bisa juga dikonsumsi dalam bentuk sayuran, sehingga menjadi bagian dari menu harian. Karena mencampur buah belimbing pada sayuran memiliki efek menyegarkan.

Belimbing wuluh juga memiliki khasiat bisa mengatasi batuk. Cara konsumsinya hampir sama, bisa dibikin jus, sayuran, atau manisan. Pada anak-anak, mungkin mereka akan menyukai rasa manisan. Atau jus belimbing yang sudah dicampur dengan buah-buahan yang lebih manis.

Sebenarnya jika para ibu sudah menggunakan belimbing wuluh setiap memasak sayuran, maka ini sudah seperti langkah preventif dalam menjaga kesehatan tubuh. Karena semua yang disediakan oleh alam adalah obat. Kita hanya tinggal memasukannya dalam menu harian kita.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger