Biji Pepaya untuk Rambut Uban

Bila anda suka makan buah pepaya, jangan buang bijinya. Karena ternyata biji pepaya bisa digunakan untuk menghitamkan uban pada rambut. Dan seandainya rambut anda tidak berubanpun, biji pepaya juga bisa menghitamkan rambut  menjadi lebih hitam.

Memang uban pada rambut sering ada, dan tidak disadari “kedatangannya”. Karena uban sering muncul di daerah yang tak terlihat saat kita bercermin. Biasanya barber atau si tukang cukur di salon yang memberitahu kita, bila ada uban di rambut kita. Bila uban ada satu atau dua, biasanya tukang cukur dengan sukarela mencabut uban tersebut. Namun bila berjibun, biasanya mereka menyarankan untuk menggunakan pewarna rambut.

Rambut beruban banyak penyebabnya, bisa karena penuaan. Maksudnya semakin tua usia sesorang, uban akan muncul atau tumbuh dengan sendirinya. Namun pada beberapa orang uban tumbuh di usia muda. Memang ada yang mengibaratkan uban adalah lambang kebijaksanaan. Namun sebenarnya uban adalah tanda adanya sesuatu di kulit akar rambut.

Beberapa penelitian merujuk uban yang tumbuh, karena kegagalan sintesin melanin di rambut. Melanin merupakan pigmen pewarna rambut. Sedang kegagalan sintesa melanin karena menumpuknya peroksida di akar rambut.

Biji pepaya sebagai pewarna alami untuk rambut beruban.

Biji pepaya memang bisa menghitamkan rambut yang beruban. Caranya bukan dengan memakan biji pepaya, karena selain rasanya pahit, juga rambut yang beruban tidak akan menjadi hitam legam(^-^). Tapi dengan menggunakan biji pepaya sebagai pewarna rambut alami.

Biji pepaya dijemur sampai kering betul, lalu disangrai sampai hampir berbau gosong. Disangrai, maksudnya digoreng tanpa menggunakan minyak goreng. Seperti saat membuat kopi. Setelah biji pepaya yang sudah disangrai agak dingin. Maka biji pepaya tadi ditumbuk sampai halus.Bila anda tidak memiliki alat penumbuk, di pasar tradisional menyediakan mesin penggiling, yang bisa digunakan untuk menggiling biji pepaya tadi.

Bubuk biji pepaya tadi dicampur air secukupnya, dan bisa dioleskan di rambut sebagai pewarna alami. Tunggu beberapa saat sampai benar –benar kering, baru dibilas dengan air bersih. Maka rambut akan terlihat hitam legam, tanpa uban yang terlihat. Bila ingin berbau wangi, bisa dicampurkan dengan minyak lavender, yang sekaligus bisa membuat rambut tumbuh subur.

Memperbaiki nutrisi di rambut.

Rambut beruban sering berhubungan dengan defisiensi nutrisi pada akar rambut. Maka perbaikan asupan gizi sangat dianjurkan. Seperti konsumsi makanan yang bergizi dan berkualitas.

Perbaikan asupan gizi ini lebih baik daripada hanya memberi warna pada rambut. Karena tetap saja harus dicari penyebab tumbuhnya uban pada rambut. Mungkin perlu pemeriksaan medis, agar ditemukan penyebab tumbuhnya uban tersebut, terutama bagi yang beruban di usia muda. Karena uban di rambut bukanlah trend rambut masa kini. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger