Kenapa Cuaca lebih Panas?


Jika anda menyempatkan diri untuk berada di luar rumah, maka anda akan merasakan cuaca yang lebih panas. Memang tidak menyenangkan, karena bagaimanapun kita tidak bisa terus-menerus berlindung di dalam rumah saja. Kita ingin suasana yang lain untuk menghindarkan diri dari kebosanan.

Suhu udara yang panas ini sebenarnya sudah lama terjadi. Kejadiannya tercatat dalam penelitian para ilmuwan. Namun baru menimbulkan perdebatan kala semua orang merasakan dampak kenaikan suhu yang mulai mengganggu ini. Dan kenaikan suhu bumi inipun menimbulkan beberapa perbedaan dalam melihat, apakah kenaikan ini alami, atau karena pengaruh yang tidak diketahui.

Namun banyak kalangan melihat kenaikan suhu bumi yang membuat cuaca menjadi panas ini, karena pengaruh dari manusia. Hampir sebagian besar percaya bahwa suhu bumi bisa diperbaiki, meskipun selama ini para ilmuwan hanya melakukan pengamatan, bukan melakukan perubahan pada cuaca, atau yang lainnya.

Cuaca lebih panas karena siklus suhu bumi.

Beberapa ilmuwan melihat perubahan cuaca atau suhu bumi sebagai siklus alami. Mereka melihat ini dengan menemukan adanya sebuah siklus ribuan, bahkan jutaan tahun yang lalu. Dan melihat peningkatan suhu saat ini sebagai kelanjutan dari siklus alami ribuan tahun yang lalu.

Menurut penelitian mereka, memang tidak ditemukan apa penyebab dari terjadinya siklus tersebut. Hanya mereka berhasil merekam suhu bumi ribuan tahun yang lalu. Dan menemukan adanya sebuah siklus. Tanpa mengerti bagaimana siklus tersebut bisa terjadi.

Tidak adanya penyebab inilah yang menjadi perdebatan dari banyak pihak. Mereka menilai manusia memiliki pengaruh atas kenaikan suhu bumi. Hal ini dihubungkan dengan teori green house efect, atau efek rumah kaca. Yang membuat suhu bumi menjadi panas.

Cuaca yang semakin panas, karena ulah manusia.

Para ilmuwan yang percaya bahwa perubahan cuaca menjadi panas, dan tidak nyaman ini karena ulah manusia. Manusialah yang membuat cuaca ini menjadi panas. Hal ini didukung dengan naiknya emisi carbon yang menyebabkan peningkatan suhu bumi.

Naiknya emisi carbon karena proses industrialisasi yang membuat pencemaran dan memproduksi carbon lebih banyak. Hal ini ditambah juga dengan penebangan hutan, sebagai paru-paru bumi dalam memproses carbon menjadi oksigen. Dan selama ini penebangan hutan semakin cepat, jauh kalah cepat dengan penanaman kembali pohon-pohon tersebut.

Memang akan sult melakukan sebuah aksi dalam mengatasi kenaikan suhu bumi ini, jika penyebab dari kenaikan suhu ini masih diperdebatkan. Hal yang krusial adalah tentang emisi carbon, yang sampai sekarang masih sulit dikontrol kenaikannya. Memang ada hajat yang lebih penting, yaitu dari masalah ekonomi, sehingga cuaca yang panas bukan menjadi masalah. Industri bisa hancur, kemiskinan akan bertambah, seandainya emisi karbon dipangkas secara radikal. Meskipun memang ada upaya untuk mengontrolnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger