Khasiat Daun Jambu Biji

Sebenarnya sudah sejak lama daun jambu biji atau jambu kluthuk ini berkhasiat mengobati sakit perut atau diare. Dan memang sangat manjur, beberapa helai daun jambu biji bisa dimakan atau dikonsumsi secara langsung. Hasilnya diare atau sakit perut akan berhenti. Bahkan ada yang sampai tidak bisa BAB atau buang air besar, karena kebanyakan mengkonsumsi daun jambu biji ini.

Memang kalau mengkonsumsi sebuah herbal harus melalui dosis yang bertahap. Maksudnya konsumsi daun jambu biji dua atau tiga lembar pada tahap awal. Jika masih tetap diare, konsumsi beberapa lembar lagi. Baru setelah diare mulai jarang atau berhenti, konsumsinya bisa diturunkan atau dihentikan sama sekali.

Kesalahan dalam mengkonsumsi daun biji ini sering merepotkan juga. Sehingga beberapa orang riskan menggunakan daun jambu biji ini. Padahal khasiatnya sangat manjur. Hanya butuh ketelatenan dan ketepatan cara konsumsinya

Daun jambu biji bisa membantu penderita kencing manis.

Sebenarnya daun jambu biji bisa digunakan untuk mengontrol gula darah pada penderita diabetes atau kencing manis. Dau jambu biji membantu produksi insulin menjadi lebih baik. Ini sangat cocok pada penderita kencing manis tipe dua yang tidak terlalu bergantung pada suntikan insulin, tapi kekurangan insulin dalam tubuhnya.

Namun penggunaan daun jambu biji untuk pengobatan kencing manis memiliki kendala pada khasiat antidiarenya. Karena konsumsi daun jambu biji yang terlalu sering berakibat sulit BAB. Maka penggunaan daun jambu biji yang moderat dan terkontrol, mungkin memerlukan penelitian lebih lanjut. Bahkan kalau perlu dilakukan ekstrak pada daun jambu biji tersebut, dan hanya diambil unsur yang diperlukan saja.

Cara moderat yang lain dengan teknik merebus daun jambu biji tersebut. Misalnya untuk tahap awal rebus dua lembar daun jambu biji, lalu konsumsi air rebusannya tadi. Kemudian lakukan pengecekan gula darah, jika hasilnya belum stabil, maka konsumsi rebusan daun jambu biji tadi bisa dinaikan. Sudah tentu harus dicek juga apakah ada kesulitan untuk BAB atau tidak, jika ada maka hentikan konsumsinya.

Daun jambu biji bisa mengobati sakit batuk.

Caranya dengan mengkonsumsi air dari rebusan daun jambu biji. Ini akan membantu batuk menjadi reda. Meskipun harus diketahui dulu jenis batuk dan penyebabnya. Karena pada batuk akibat infeksi di saluran nafas, harus dibantu dengan pengobatan medis yang lebih lengkap.

Penggunaan daun jambu biji akan membantu proses penyembuhan batuk menjadi lebih baik. Tanpa mengesampingkan pengobatan medis yang sedang dijalankan. Dan biasanya konsumsi daun jambu biji yang moderat tidak terlalu memberi efek samping yang berarti.

Namun bagaimanapun juga daun jambu biji dikenal secara luas sebagai obat antidiare yang efektif. Hanya cara konsumsinya harus secara bertahap. Ini untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger