Awet Muda dengan Kacang Polong

Mungkin anda akan kaget dengan khasiat kacang polong yang bisa bikin awet muda. Tanaman kacang polong memang sudah lama dikonsumsi dan menjadi bagian dari menu para keluarga. Kacang polong sering dibikin sayur-sayuran, seperti kalau di seberang dikenal dengan salad, meskipun di timur orang sering hanya sebagai sayuran.

Kegunaan kacang polong yang bisa bikin awet mudah ini karena kandungan genistein pada kacang polong ini. Genistein berguna menghambat enzim yang berperan pada menurunnya produksi kolagen dalam tubuh, sedang kolagen adalah zat pengikat di bawah kulit yang berperan menjaga kelenturan kulit agar tetap kencang dan tidak kendur. Bila jaringan kolagen menurun, maka kulit menjadi kendur. Hal inilah yang terjadi selama proses penuaan.

Disini fungsi kacang polong adalah menghambat produksi enzim yang bisa membuat seseorang tetap awet mudah. Hal ini didukung dengan sebuah penelitian, saat beberapa sukarelawan usia antara 50 sampai 65 mendapatkan porsi kacang polong dengan kadar genestein di dalamnya. Beberapa sukarelawan menunjukan perubahan signifikan pada kulit wajah yang menjadi lebih kencang dengan pemeberian genistein pada kadar yang tinggi, demkian pula pada beberapa sukarelawan yang mengkonsumsi kacang polong.

Awet mudah dengan konsumsi kacang polong

Sebenarnya cukup mudah dalam membuat menu dari kacang polong, agar bisa awet muda. Orang seberang biasa menggunakan kacang polong dalam menu salad mereka, demikian pula orang timur. Mereka suka kacang polong sebagai sayuran, seperti masakan oseng-oseng yang dicampur dengan wortel atau sayuran lainnya. Bahkan beberapa menu masakan seperti nasi goreng bisa menggunakan kacang polong.

Pada menu nasi goreng, kacang polong bisa ditumis bersama telur atau sayuran lainnya, sebelum dicampur dengan nasi. Menu nasi goreng memang terasa nikmat saat hujan turun, apalagi dengan kacang polong di dalamnya, maka akan membuat kulit menjadi kencang dan awet muda. Ada beragam masakan yang bisa dibuat dari kacamg polong ini, namun akan mengikuti tempat dan kebiasaan di dalamnya. Namun kacang polong yang lebih segar, lebih berkhasiat dalam menyegarkan tubuh dan membuat awet muda.

Konsumsi sayur-sayuran adalah kunci untuk awet muda.

Mungkin saat orang mencapai usia separuh baya, biasanya akan terjadi perubahan pola makan yang yang tidak sehat. Biasanya di usia ini relatif sudah mapan dan sering pola makannya tidak terkendali. Sudah tentu mereka makan makanan yang enak, berlemak dan bergula. Pada usia ini pula, sudah mulai timbul berbagai macam jenis penyakit, yang belum mereka dapatkan saat usia muda. Penyakit dan penuaan akan menjadi hal yang jelas saat usia menopause atau melewati paruh baya.

Beberapa orang yang rajin mengkonsumsi sayur-sayuran, dan mengendalikan penyakit di usia tua, akan mendapatkan usia yang lebih panjang dan tampak awet muda. Ini selaras dengan menjaga kesehatan dan menjaga pola makan yang sehat di usia tua. Beberapa zat antioksidan maupun zat antiaging ada berada di sayur-sayuran yang segar, yaitu kacang polong, wortel, tomat, dan sayuran lainnya. Makanan jenis inlah yang menjadi kunci atau rahasia dari awet muda.

Apa yang disarikan pada produk kosmetik untuk awet muda sebenarnya ada di makanan yang kita makan. Hanya karena pola makan yang tidak salah akan mengakibatkan penyakit dan proses penuaan terjadi begitu cepat. Bila anda sudah melihat tanda kerutan di wajah atau di bagian lain pada tubuh anda, maka sudah saatnya merubah pola makan yang anda lakukan. Coba konsumsi sayuran segar agar tubuh menjadi awet muda.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger