Manfaat Binahong

Tanaman binahong sudah lama dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan. Tanaman yang tumbuh merambat ini memiliki manfaat di semua bagian tanamannya, mulai dari daun, batang sampai dengan umbi atau induk tanaman, memiliki khasiat yang baik untuk berbagai macam penyakit. Tanaman bnahong memang tumbuh liar, biasanya menjalar pada tanaman yang lain.

Memang belum ada penelitian ilmiah akan manfaat maupun khasiat dari tanaman binahong ini. Namun shinse, para tabib dari negeri seberang sudah menggunakan tanaman ini sejak jaman dahulu. Biasanya untuk mengobati luka saat perang, tanaman binahong bisa dengan cepat menyembuhkan luka akibat goresan benda tajam. Aplikasi yang mungkin untuk jaman sekarang, mungkin sangat membantu untuk mengobati luka akibat jatuh, atau kecelakaan.

Meskipun tidak menutup kemungkinan tanaman binahong ini juga bisa digunakan untuk mempercepat kesembuhan luka operasi. Beberapa orang sudah mendapatkan khasiat ajaib dari tanaman binahong ini. Luka operasi lebih cepat sembuh, pembengkakan akibat operasi lebih cepat kempes. Demikian pula bengkak akibat memar, mungkin mengalami kecelakaan atau terjatuh, tanaman binahong bisa digunakan meredakan memar dan bengkak pada bagian tubuh ini.

Beberapa orang juga merasakan manfaat tanaman binahong ini dalam meredakan jerawatnya. Bengkak kemerahan pada wajah, bisa dengan cepat hilan dengan rebusan daun binahong ini. Beberapa orang memang menyukai lalapan daun binahong, biasanya dicampur dengan sayuran segar, daun binahong bisa dijadikan menu sayuran sekaligus obat. Mungkin bisa diolah seperti salad, bila dicampur dengan sayuran buah.

Daun binahong untuk menyembuhkan luka operasi

Daun binahong dikenal manfaatnya dalam menyembuhkan luka karena operasi. Daun binahong bisa dikonsumsi seperti lalapan dengan dicampur sayuran lainnya. Namun paling sering orang mengambil rebusan dari beberapa lembar daun binahong ini. Sepuluh lembar daun binahong bisa direbus, diambil airnya dan diminum untuk takaran seharinya.

Daun binahong juga bisa diaplikasikan secara langsung pada luka tergores, misalnya terkena benda tajam, terjatuh dan luka berdarah. Daun binahong bisa dibikin seperti kompres atau lulur pada luka tersebut. Haluskan beberapa lembar daun binahong, lalu oleskan atau lulurkan pada luka tersebut, maka luka tersebut akan mongering dan keesokan harinya sudah tidak bengkak lagi.

Daun binahong juga bisa digunakan bagi yang habis dikhitan. Rebus tujuh lembar daun binahong, lalu minum air rebusannya dalam sehari, maka luka bekas dikhitan akan cepat mengering dan sembuh. Biasanya bengkak akibat dikhitan juga bisa sembuh dengan daun binahong ini.

Daun binahong untuk menyembuhkan jerawat

Jerawat mungkin sangat mengganggu bagi para remaja, namun daun binahong bisa digunakan meredakan jerawat yang membandel ini. Cara pengobatannya bisa dengan membuat lulur dari daun binahong, berikan lulur ini sebelum tidur. Kemudian bilas dengan air bersih untuk beberapa saat kemudian.

Namun bila ingin cepat sembuh bisa pula dilakukan pemberian dari dalam, dengan minum rebusan daun binahong atau bisa juga umbi atau akar dari tanaman binahong. Caranya rebus tanaman binahong tadi, minum air rebusannya untuk beberapa hari. Jerawat yang membandel ini akan sembuh dengan cepat.

Daun binahong untuk obat penyakit dalam

Penyakit dalam banyak ragamnya, seperti diabet, kanker, darah rendah, sesak nafas, dan lainnya. Maka daun atau akar tanaman binahong bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit ini. Cara pengobatannya memang dengan minum rebusan daun binahong atau akar dari tanaman binahong.

Ada bermacam teknik dalam meramu tanaman binahong ini sebagai obat herbal. Namun yang terbaik adalah dengan mengambil sari dari daun binahong ini lewat rebusan airnya. Meskipun ada beberapa yang mendapat khasiat dengan membuat jus dari daun binahon, namun pemberian obat herbal harus terukur, lakukan pemberian takaran yang ringan dan lihat efek atau manfaatnya, sebelum melanjutkan dengan takaran yang lebih besar.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger