Manfaat Kompos

Kompos secara harfiah memiliki manfaat langsung dalam menyuburkan tanah, namun kompos secara proses memiliki manfaat yang luas. Kompos ibarat kunci dari beribu masalah ruwet dan pelik di berbagai tempat, terutama di perkotaan. Saat orang pusing dengan bau sampah, saat orang pusing membuang sampah, saat pihak berwenang kebingungan mengurus sampah, maka kompos adalah solusinya.

Kompos sekan keluar dari manfaat yang sebenarnya, lebih luas dari yang diperkirakan. Kompos menjadi kunci dari perselisian wilayah, saat beberapa pihak bingung mencari tempat untuk membuang sampah. Memang tidak ada tempat yang tersedia untuk membuang sampah, karena semua pihak akan menolak tempatnya digunakan sebagai tempat sampah.

Persoalan sampah dan kompos seakan menjadi pintu penyelesaian yang tepat, namun membutuhkan jalan panjang untuk memulainya. Tidak mudah membuat kebiasaan lebih cerdas dalam mengelola sampah. Prinsip membuang sampah harus mulai dibuang atau disingkirkan, pola pikir ini harus diubah menjadi memanfaatkan sampah. Kompos yang akan menjadi hasil akhir yang bernilai ekonomis.

Kompos bermanfaat menyelesaikan persoalan sampah

Sampah mungkin tidak akan menimbulkan persoalan bila dikelola dengan baik. Sampah yang sudah dipilah di tingkat rumah tangga mungkin tidak akan menyisahkan apapun untuk dibuang, karena akan dikelola menjadi kompos. Sampah rumah tangga kecuali plastik, bisa dikelola langsung menjadi kompos. Bahkan plastikpun bisa dikumpulkan dan dijual.

Kompos bisa menyelesaikan persoalan sampah yang sering menjadi besar, karena tidak dikelola dengan baik. Penumpukan sampah harusnya tidak akan pernah terjadi, bila di tingkat rumah tangga sudah ada langkah memilah dan sekaligus membuat kompos. Memang sedikit usaha yang keras di awal, seiring berjalannya waktu proses pengomposan menjadi semakin mudah.

Kompos berguna mengurangi polusi pada lingkungan

Bila kompos berasal dari sampah, maka tidak akan ada lagi bau sampah atau penumpukan sampah, karena semua sampah akan diproses menjadi kompos. Disini kompos menjadi solusi bagi pencemaran yang disebabkan menumpuknya sampah, dari membakar sampah yang bisa mencemarkan lingkungan. Kompos akan membuat lingkungan semakin bersih.

Kompos akan mengembalikan residu atau sampah kembali ke alamnya. Kompos membuat residu atau sampah menjadi lebih bernilai dan bermanfaat bagi lingkungan. Kompos akan membantu proses alami menjadi lebih cepat dari yang alam bisa lakukan, dan mengembalikan ke kondisi yang lebih baik.

Kompos bermanfaat menghemat biaya yang tidak perlu

Sebenarnya bila semua sampah rumah tangga bisa diolah menjadi kompos, maka tidak akan perlu truk sampah untuk mengangkut sampah. Disini akan banyak biaya yang bisa dihemat bila sampah diolah menjadi kompos. Tidak perlu lagi sebuah incinerator untuk membakar sampah, maka akan banyak biaya yang bisa dihemat.

Belum lagi berapa ribu tenaga kerja yang bisa dikelola lebih efisien dari proses kompos ini. Kompos akan menghemat biaya tenaga untuk mengangkut sampah, sekaligus proses sesudahnya. Kompos bahkan mengubah sampah menjadi lebih bernilai.

Kompos memperbaiki struktur tanah

Kompos yang memiliki unsur hara dan organik sangat dibutuhkan oleh tanah. Seperti pada tanah yang digunakan untuk cocok tanam, maka saat beberapa kali panen tanah tersebut akan berkurang struktur kelengkapanya, karena digunakan untuk proses pertumbuhan tanaman. Maka disini peran kompos memperbaiki struktur tanah dan mengembalikan fungsi alami tanah.

Kompos meningkatkan kemampuan tanah dalam proses pertumbuhan tanaman, meningkatkan kelengkapan unsur tanah dan meningkatkan kesuburan tanah. Ini sangat penting untuk mendapatkan proses cocok tanam yang lebih baik. Kompos adalah solusi alami dibandingkan penggunaan pupuk buatan.

Kompos meningkatkan kualitas hasil panen

Bila selama ini para petani berharap banyak pada pupuk buatan, maka kompos bisa diharapkan dalam meningkatkan hasil panen. Kompos yang diberikan sebelum proses tanam akan mengembalikan kualitas tanah kembali ke asalnya. Kompos menambah kelengkapan unsur hara pada tanah, yang sangat penting dalam pertumbuhan tanaman dan hasil panen nantinya.

Kompos juga akan memangkas penggunaan pupuk buatan yang digunakan petani dalam meningkatkan hasil panennya. Mungkin akan ada penghematan yang signifikan pada penggunaan pupuk buatan, sehingga efisiensi dalam cocok tanam semakin baik. Ini akan meningkatkan keuntungan bagi para petani.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger