Khasiat Daun Pandan

Sudah lama daun pandan digunakan sebagai bahan masakan para ibu di meja dapur. Mereka memang memanfaatkan bau wangi dari daun pandan ini, sehingga masakan akan lebih nikmat dan sedap. Daun pandan juga dimanfaatkan sebagai zat pewarna alami pada masakan. Biasanya jauh lebih sehat bila dibandingkan dengan zat pewarna buatan.

Daun pandan sebenarnya juga memiliki khasiat yang tersembunyi, beberapa tabib memiliki keyakinan ada kandungan dalam daun pandan yang bisa digunakan sebagai obat. Ada yang menggunakan daun pandan sebagai bahan alami untuk menambah nafsu makan. Namun ada pula yang menggunakannya sebagai campuran minuman atau sejenis teh, untuk memudahkan tidur nyenyak atau tidur yang pulas.

Daun pandan kalau biasanya dicampur sebagai pewangi masakan, para ibu tidak melakukan perlakuan yang khusus. Daun pandan hanya dicuci bersih, kemudian dicampurkan pada masakan atau suatu minuman. Maka masakan atau minuman tersebut akan terasa wangi dan menyegarkan.

Khasiat pandan wangi untuk meningkatkan nafsu makan

Beberapa ahli pengobatan menganalisa ada kandungan seperti zat penambah nafsu makan pada daun pandan ini. Biasanya daun pandan yang masih segar, direbus bersama masakan tersebut. Baik itu jenis masakan sayur maupun jenis minuman yang menyegarkan, maka akan terasa aroma wangi pada masakan tersebut.

Bisa jadi aroma tersebut yang membuat penggunanya lahap menghabiskan makanan. Bisa pula kandungan dari sari daun pandan yang bisa meningkatkan nafsu makan. Bila si kecil ogah makan, maka saatnya menggunakan daun pandan di setiap masakan. Si kecil pasti akan suka aroma masakan dan akan menghabiskan makanan tersebut.

Khasiat daun pandan untuk memudahkan tidur

Bagi orang yang susah tidur, atau susah untuk memulai tidur, mungkin daun pandan ini bisa membantu untuk tidur. Ada kandungan alami dalam daun pandan yang membuat pemakainya bisa tidur pulas. Biasanya cara termudah memang daun pandan ini diolah atau direbus seperti teh.

Namun cara yang lebih mudah dengan mencampurkan daun pandan ini pada sebuah minuman. Selain akan ada aroma yang menyegarkan, juga kandungan dalam sari daun pandan akan membuat penggunanya tidur dengan pulas. Cobalah sedikit di campuran minuman atau masakan buah yang direbus, ini akan sangat membantu bagi peminumnya.

Khasiat daun pandan untuk pewangi ruangan

Daun pandan yang memiliki aroma alami yang wangi, bisa digunakan sebagai pewangi ruangan. Cara tercepat dengan memotong kecil-kecil daun pandan kemudian mencampurkan ke dalam air pembersih ruangan atau lantai. Maka aroma wangi akan menjelajahi ruangan atau lantai rumah.

Daun pandan memiliki pewangi alami, sehingga tidak ada campuran kimia di dalamanya. Maka sangat aman menghirup aroma dari daun pandan ini. Ada yang menghubungkan aroma daun pandan ini dengan campuran pada minyak aromaterapi, karena akan menguatkan aroma atau bau dari minyak aromaterapi.  
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger