Menanam Pohon Menurunkan Level CO2

Ada yang menarik dari penemuan periset dari Australia ini, mereka mempelajari gambar dari bidikan satelit pada planet Bumi. Ada semacam perubahan selama tahun 1982 sampai 2010, perubahan dramatis pada peningkatan pertumbuhan tanaman pada daerah di sekitar Afrika, Timur Tengah dan Australia. Perubahan ini memang berhubungan dengan CO2 yang merupakan katalis dalam fotosintesa, sehingga menurunkan level CO2.

Mereka memang menemukan adanya peningkatan level CO2 sekitar 14 persen selama tahun 1982 sampai 2010, namun di saat yang sama terjadi peningkatan tumbuhnya daun-daunan sekitar 11 persen. Hal ini tentunya karena peran CO2 terhadap peningkatan suhu, namun juga berguna bagi pertumbuhan tanaman. Memang ada hal menarik dari tumbuhnya tanaman yang cukup draktis ini.

Tanaman memang menggunakan bantuan sinar matahari dan CO2 untuk melakukan fotosintesa dalam pertumbuhannya. Hal ini memang sedikit menguntungkan bagi tanaman dengan peningkatan CO2 ini. Namun peningkatan CO2 yang tinggi bisa meningkatkan suhu di planet bumi, yang dikenal dengan pemanasan global. Memang ada dilema dengan peningkatan CO2 ini.

Namun peningkatan CO2 tetap bermakna negatif, meskipun menguntungkan tumbuh-tumbuhan. Peningkatan CO2 bisa meningkatkan suhu bumi, yang berakibat mencairkan permukaan es di planet bumi. Akibat lebih lanjut sudah tentu sangat berbahaya, karena banyak daerah rendah yang terendam. Ini bisa menyebabkan bencana alam yang sangat besar kerugiannya bagi manusia.

Menanam pohon bisa menurunkan emisi karbon

Pohon memang memerlukan CO2 untuk proses fotosintesa, namun CO2 yang tinggi juga berbahaya. Maka disini penting sekali menanam pohon karena bisa menurunkan emisi karbon atau level CO2. Pohon juga sangat bermanfaat dalam mengatasi peningkatan CO2, meskipun masih kalah cepat dengan tindakan manusia dalam memproduksi CO2.

Industrialisasi di era modern diduga menjadi penyebab utama peningkatan emisi karbon yang luar biasa. Memang ada semacam peningkatan yang draktis, sehingga suhu bumi meningkat secara dramatis, yang akibatnya sangat buruk bagi kehidupan manusia. Meskipun pohon memerlukan CO2, tapi tidak mampu mengatasi cepatnya produksi CO2 ini.

Menanam pohon mengurangi pemanasan global

Memang tanaman akan selalu membutuhkan CO2 untuk proses fotosintesa, sehingga semakin banyak pohon akan menurunkan level CO2. Ini juga bermanfaat positif bagi pengurangan pemanasan global. Karena pemanasan global akan mengakibatkan banyak hal negatif pada planet Bumi.

Pemanasan global bisa menyebabkan perubahan iklim yang tidak teratur. Seperti musim yang tidak pasti, angin topan, curah hujan yang tidak menentu dan kekeringan yang bisa bertambah parah. Perubahan iklim dan bencana inilah yang bisa mengakibatkan kerugian yang banyak, jauh lebih besar dari keuntungan yang diperoleh dengan industrialisasi. Hanya bermanfaat ekonomi secara sesaat, tapi menimbulkan bencana yang berkepanjangan. 

Disini sangat penting untuk menyadari arti pohon bagi kehidupan. Penebangan sudah harus dihentkan, lakukan penanaman pohon menjadi lebih besar lagi. Ini akan sangat bermanfaat bagi kelangsungan planet bumi ini. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger