Khasiat Jeruk Nipis

Jeruk nipis sudah lama sekali digunakan orang, baik sebagai campuran masakan maupun untuk campuran minuman. Beberapa industri makanan juga menggunakan jeruk nipis sebagai campuran olahan produk mereka. Namun dibalik rasanya yang agak masam, jeruk nipis memiliki khasiat yang beragam dan baik bagi kesehatan maupun kosmetika.

Jeruk nipis bisa digunakan untuk mengobati beberapa macam penyakit, seperti sakit batuk, tenggorokan kering, dan bisa meningkatkan nafsu makan. Jeruk nipis juga bermanfaat untuk kosmetika, yaitu bisa untuk memutihkan kulit, bahkan bisa juga untuk menghilangkan bekas jerawat. Tentunya dengan pemakaian yang teratur akan diperoleh manfaat dari jeruk nipis ini.

Memang jeruk nipis tergolong buah-buahan, namun dalam fungsinya lebih banyak digunakan untuk ramuan masakan atau sebagai bumbu di dapur. Jeruk nipis mudah didapat dan harganya murah, biasanya di pasar tradisional maupun modern jeruk nipis ini tersedia dalam bentuk buah segar. Biasanya bisa tahan lama bila disimpan di tempat yang dingin, namun akan lebih bermanfaat bila dalam kondisi segar.

Ramuan jeruk nipis dan jahe berkhasiat untuk obat batuk alami.

Sudah sejak jaman dahulu orang menggunakan ramuan jeruk nipis dan jahe untuk meredakan gejala batuk. Ramuan ini memiliki efek melegakan tenggorokan dan mengencerkan dahak yang menyebabkan tenggorokan terasa gatal. Biasanya ramuan ini dibuat dalam komposisi hangat, sehingga lebih menambah efek melegakan tenggorokan.

Jeruk nipis diambil airnya, baik dengan cara diperas atau menggunakan mesin blender. Kemudian dicampur dengan sari jahe yang sudah dalam bentuk bubuk atau jahe segar. Sedikit gula bisa ditambahkan untuk menambah rasa pada ramuan ini. Namun bila anda bisa meminumnya tanpa gula akan lebih baik lagi.

Biasanya ramuan jeruk nipis dan jahe ini bisa dikonsumsi sampai gejala batuk mereda. Namun penyebab batuk harus disembuhkan dulu, bila karena suatu penyakit, maka penyakit tersebut harus diobati dulu. Bila batuk karena makan gorengan, maka seharusnya makanan gorengan dihindari untuk sementara waktu, sampai batuk mereda.

Ramuan jeruk nipis dan tomat berkhasiat untuk memutihkan kulit.

Ambil air dari tomat dan campurkan dengan air dari jeruk nipis. Oleskan campuran ini pada kulit, setelah bangun tidur. Jadi jangan lakukan cuci muka dulu, tapii oleskan masker tomat dan jeruk nipis ini. Biarkan masker ini untuk memberi efek selama 15 menit, baru kemudian dibilas dengan air bersih.

Usahakan campuran tomat dan jeruk nipis ini untuk sekali pakai. Ini untuk mendapatkan kesegaran dari campuran yang dibuat tadi, sehingga efeknya akan maksimal pada kulit. Masker tomat dan jeruk nipis ini memang sangat terasa pada kulit, di awal kulit akan terasa segar dan juga memberi efek positif secara psikologis.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger