Melestarikan Pohon Bakau atau Mangrove

Banyak yang mengenal pohon bakau atau mangrove ini sebagai tanaman liar, karena bisa tumbuh di kondisi yang ekstrim. Pinggir pantai yang memiliki kadar garam yang tinggi adalah tempat tumbuhnya pohon bakau atau mangrove ini. Padahal biasanya tanaman membutuhkan air dengan ph netral dan tanah untuk media tumbuhnya, namun ini tidak untuk pohon bakau.

Beberapa orang tidak begitu peduli dengan pohon bakau, karena sebagai tanaman liar tida memiliki manfaat yang berarti. Padahal pohon bakau atau mangrove ini pernah menyelamatkan beberapa desa dari terjangan tsunami. Memang pohon bakau yang bergerombol di pinggir pantai ini bisa memecahkan terjangan gelombang ombak, maka bila ada yang mengganti hutan bakau atau mangrove ini dengan bangunan pemecah gelombang ombak, mereka telah melakukan kesalahan besar. Justru pohon mangrove inilah yang berfungsi dengan baik sebagai pemecah gelombang pantai.

Bahkan pohon bakau ini bisa memberi kehidupan tersendiri pada kondisi ekstrim di pinggir pantai, beberapa hutan bakau tumbuh dengan rindangnya dan bisa menjadi obyek wisata. Sungguh sangat disesalkan bila ada yang menghancurkan hutan bakau dan mengganti dengan bangunan pemecah gelombang, jelas kesalahan yang fatal.

Mangrove juga memiliki peran yang besar dalam melindungi daerah pinggir pantai dari erosi. Terjangan ombak pantai yang keras bisa merusak struktur di pinggir pantai. Mangrove juga menjaga intrusi atau penetrasi air laut ke dalam tanah, ini sangat penting dalam melindungi sumber air tanah agar tidak berasa asin. Peran besar dari mangrove inilah yang sering diabaikan banyak orang, sehingga pelestarian hutan bakau sangat dianjurkan.

Mangrove mencegah intrusi air laut ke sumber air tanah

Bila banyak air sumur yang mulai terasa asin, padahal lokasinya masih jauh dari pantai, maka boleh dibilang intrusi air laut sudah mencemari sumber air tanah. Meskipun bisa juga karena eskploitasi air tanah yang berlebihan bisa mempercepat perembesan air laut, namun tidak akan terlalu cepat bila hutan mangrove terjaga kelestariannya. Boleh dibilang tidak ada ongkos dalam pemeliharaan pohon mangrove, karena tanaman ini tumbuh liar di pinggir pantai.

Hanya jangan rusak habitat hutan mangrove ini, jangan ada upaya merusaknya dan mengganti dengan bangunan pemecah gelombang pantai yang sering dilakukan orang. Namun biarkan pohon mangrove ini tumbuh dan berpadu dengan kehidupan kita. Bahkan bisa disinergikan keberadaannya. Meskipun ada yang mengumpamakan hutan mangrove dengan enceng gondok, yang sebenarnya jauh dari kata sama. Enceng gondok atau gulma lebih merusak aliran air sungai, jauh lebih berarti sebuah pohon mangrove bila dibandingkan enceng gondok.

Meskipun beberapa petambak memang agak terganggu dengan adanya hutan bakau ini, karena memang mereka sedang memperluas lahan tambaknya. Namun fungsi hutan bakau ini jauh lebih ekonomis dibandingkan sebuah tambak yang bisa hilang dalam sekejap bila diterjang ombak pasang. Maka hutan bakau ini sangat besar manfaatnya bagi para petambak.

Hutan mangrove pemecah gelombang pasang yang efektif

Boleh dibilang pembangunan pelabuhan sering merusak hutan bakau di pantai. Padahal hutan mangrove ini bisa disinergikan dengan sebuah pelabuhan. Bahkan hutan bakau bisa melindungi bangunan di pelabuhan dari terjangan gelombang pasang, angina pantai yang keras. Hutan bakau bisa menjadi pemecah gelombang yang efektif dan murah.

Sinergi antara hutan bakau dengan sebuah pelabuhan sebenarnya sangat menguntungkan. Pihak pelabuhan akan menghemat banyak anggaran dalam pembangunan sebuah pelabuhan, bila hutan bakau ini bisa disinergikan keberadaannya. Bahkan boleh dibilang hutan mangrove bisa menjadi bagian dari pelabuhan alam yang tinggi perannya bagi pelabuhan alam ini.

Hutan bakau atau mangrove memiliki peran yang besar bagi kehidupan di pantai dan manfaatnya sangat besar bagi habitat pantai. Maka pelestariannya sangat penting dalam memaksimalkan fungsi hutan bakau ini, akan tercipta sinergi yang baik antara hutan bakau dengan program apapun yang dilakukan di pantai, baik itu pelabuhan, tambak atau tempat wisata di pinggir pantai. Hutan bakau adalah garis hijau di pantai yang sangat menguntungkan kehidupan di pesisir pantai dan sekitarnya.     
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger