Daur Ulang Kertas

Bila memiliki banyak buku atau kertas di lemari, maka jangan dibuang atau dibakar. Kertas bisa didaur ulang menjadi kertas dalam model dan fungsi yang lain, tentunya lewat proses pembuatan kertas kembali. Daur ulang kertas ini dianjurkan karena bisa menghemat pemakaian pohon hutan yang menjadi bahan pembuatan kertas.

Meskipun teknologi berkembang pesat sehingga paperless menjadi tren baru dalam menghemat pemakaian kertas. Namun tetap saja ketergantungan akan pohon hutan masih tinggi dalam pembuatan kertas. Beberapa hutan tropis yang begitu berharga ditebang untuk memenuhi kebutuhan akan kertas yang masih tinggi.

Namun teknologi juga menemukan efisiensinya, beberapa pabrik kertas sudah menulis di beberapa kertas produksinya, bahwa ini merupakan kertas hasil daur ulang. Jadi bila memiliki kertas di rumah jangan dibuang, namun kumpulkan untuk mengikuti proses daur ulang. Biasanya sih ada pengepul yang menghargai kertas ini per kilonya, harganya bisa bervariasi mengikuti keperluan para pengepul ini.

Memang daur ulang kertas banyak manfaatnya, setidaknya bisa menghemat penggunaan pohon hutan untuk bahan pembuatan kertas. Juga bila sedikit kreatif, kertas bekas pakai ini bisa menjadi kerajinan kreatif. Memang sedikit butuh improvisasi untuk menghandel kertas menjadi sesuatu yang berguna, seperti kotak tissue, frame foto, yang bisa dilakukan dari kertas bekas.

Memilah kertas atau buku yang akan didaur ulang

Bila memiliki beberapa buku di lemari, coba pilah dulu mana yang bisa didaur ulang dan mana yang masih bisa dipakai. Seperti beberapa buku novel, majalah, buku pelajaran, masih ada kemungkinan bisa dijual di toko buku bekas. Tentunya dengan harga yang menarik sesuai dengan nilai dari buku tersebut.

Sedang kertas koran, bekas buku tulis, mungkin masih bisa digunakan untuk dikreasi menjadi sebuah kerajinan yang berguna. Seperti membuat frame foto dari kertas bekas, atau membuat kotak tisu dari kertas bekas. Tentunya perlu pemilahan dan memilih yang corak warnanya menarik agar kerajinan yang dihasilkan bisa berbeda dan menarik.

Kertas yang tersisa dan tidak bisa dimanfaatkan lagi bisa dikirim untuk didaur ulang. Memang untuk saat ini beberapa pabrik daur ulang masih memanfaatkan kertas yang tidak terpakai didaur ulang menjadi fungsi lain, seperti dalam bentuk kardus. Meskipun ada juga beberapa teknologi yang bisa merubah menjadi kertas lagi.

Daur ulang kertas sendiri

Memang untuk daur ulang kertas menjadi kertas jenis baru membutuhkan teknologi dan energi yang tidak sedikit. Beberapa industri daur ulang juga menghitung besarnya biaya yang kadang lebih besar bila harus merubahnya menjadi kertas lagi. Memang penggunaan energi yang tidak terbaharukan masih cukup mahal untuk pemrosesan kertas daur ulang ini. Mulai dari memasak kertasm membersihkan tintanya dan memutihkan kertas tersebut kembali.

Cara yang terlihat efisien dan efektif adalah dengan mendaur ulang sendiri atau lebih tepatnya mendayagunakan kertas menjadi fungsi yang lain yang juga masih berharga. Seperti menjadi bahan kerajinan maupun alat yang bisa menjadi pengganti dari bahan yang lain. Ini setidaknya bisa menghemat penggunaan kertas, atau menghemat bahan-bahan yang berasal dari hutan alam yang sangat berharga. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger