Khasiat Jahe

Jahe sebenarnya masuk jenis tanaman umbi-umbian, karena dari akar yang tumbuh di dalam tanah. Namun masuk kategori pala atau bumbu karena memang tidak bisa dikonsumsi secara langsung. Jahe memiliki khasiat yang lebih dari sekedar bumbu masak, bahkan lebih banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Tanaman jahe memang sudah lama digunakan sebagai tanaman obat, sejak dari dulu, bahkan diberikan turun temurun tentang khasiat jahe ini. Tidak sedikit pengobatan yang dihasilkan oleh jahe sangat cespleng. Salah satunya saat orang tidak “enak badan” atau lebih dikenal dengan “masuk angin”. Disini tubuh memang kondisinya meriang alias tidak enak, kentutpun sangat susah, eh maksudnya tidak bisa buang angin sehingga perut terasa kembung. Saat diminumi air jahe hangat, tubuh berangsur membaik dan pulih kembali.

Memang peristiwa ini bukan sekali namun sudah berkali-kali, sehingga sudah menjadi tradisi dimanapun. Jahe seakan menjadi bagian dari menu minuman sehari hari. Beberapa bahkan merasakan lebih bugar setelah meminum jahe, sehingga berkembang sebuah racikan minuman yang memasukan jahe di dalamnya. Bagi mereka rasanya kurang sreg tanpa jahe di dalamnya.

Memang khasiat jahe berkembang pesat diluar kesederhanaan tanaman ini. Tanaman ini memang tumbuh di bawah tanah, kotor, dan tidak berharga, namun khasiatnya sangat tokcer. Dipercaya jahe juga bisa mengobati banyak penyakit, meskipun bukan sebagai penyembuh utama. Selalu jahe dijadikan bagian dari sebuah racikan pengobatan, bila cukup jeli melihat beberapa komposisi obat supplemen yang banyak beredar di pasaran. Dari yang murah sampai yang mahal, akan terselip jahe di dalamnya.

Jahe berkhasiat memperbaiki fungsi organ pencernaan

Memang organ pencernaan sangat panjang dari mulut, tenggorokan, lambung, usus halus, usus besar hingga colon. Namun kerja saluran pencernaan ini saling bersinergi, bila salah satu terganggu fungsinya, maka seluruh organ pencernaan akan terganggu. Lebih sering sulit merasakan bagian mana yang sakit, orang bila sakit perut tahunya di dalam perutnya ada yang tak beres. Padahal bagian yang sakit bisa di lambung, usus halus, usus besar, dimanapun kemungkinannya saling berhubungan.

Disini jahe berkhasiat memperbaiki fungsi organ pencernaan, mengembalikan fungsinya kembali normal. Meskipun tidak untuk semua penyakit perut, namun jahe hangat bisa meredakan segala gangguan sakit perut ringan. Ada beberapa kandungan mineral di jahe yang berkontribusi memperbaiki fungsi saluran pencernaan ini.

Jahe berkhasiat melancarkan peredaran darah

Beberapa pekerja berat memiliki pengalaman yang istimewa dengan jahe ini. Mereka belum afdol saat bekerja, bila belum minum air jahe hangat. Kelelahan fisik rasanya hilang setelah minum air jahe hangat ini, bahkan tubuh bisa kembali bugar. Kembalinya vitalitas tubuh mereka diduga erat dengan membaiknya peredaran darah di tubuh.

Kandungan jahe memang banyak ragamnya, masing-masing memiliki khasiat yang berbeda, namun memiliki kesamaan dalam mengembalikan metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Ada banyak khasiat dari jahe yang belum diketahui, namun bila dibiasakan minum air jahe hangat akan diperoleh manfaatnya yang positif. Simpan selalu jahe yang segar di kulkas, dan konsumsi setiap harinya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger