Khasiat Semangka

Buah semangka begitu populer di segala musim, apalagi saat udara begitu panas. Buah semangka akan menyegarkan dan menghilangkan dahaga. Memang tidak mengenyangkan, namun buah semangka memiliki khasiat tersembunyi. Banyak yang tidak menduga pada beberapa bagian dari buah semangka bisa berguna untuk kesehatan tubuh.

Memang sejak dari dulu buah-buahan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, namun beberapa memiliki khasiat yang spesial dalam mengatasi penyakit yang cukup berat. Seperti pada buah semangka ini, banyak yang merasakan manfaat dari mengkonsumsi bagian putih dari buah semangka ini. Bagian yang dekat dengan kulit semangka ini sangat ampuh dalam mengatasi kencing manis tipe 2.

Meskipun pada bagian yang merah memang harus dihindari oleh penderita kencing manis. Rasanya yang manis memang bisa meningkatkan kadar gula darah. Namun bagi selain penderita kencing manis, bagian merah pada semangka ini memang yang dicari. Rasanya manis secara alami, memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan secara umum.

Konsumsi putihnya semangka untuk mengatasi diabetes tipe 2

Memang belum ada penelitian ilmiah yang mengkonfirmasi hal ini, namun sudah menjadi hal umum di mata penderita kencing manis, terutama yang tipe 2. Kencing manis tipe 2 memang beda dengan yang tipe satu yang akan tergantung pada insulin. Namun bagi diabetes tipe dua masih memiliki insulin hanya produksinya tidak mencukupi akan kebutuhan, maka disini peran putihnya semangka untuk menurunkan resistensi insulin pada diabetes tipe 2.

Caranya cukup mudah, pada semangka yang sudah diambil bagian merahnya, akan tersisa bagian putih dan kulit semangka. Biasanya bagian ini akan dibuang karena memang tidak manis rasanya, sedikit sepah. Namun bagian ini bisa dikerok dan dikonsumsi, ada pula yang suka dengan membuat jus dari putih semangka ini. Hasilnya memang menakjubkan, banyak orang mengalami penurunan kadar gula darah yang radikal. Ini sangat cocok buat yang sedang melakukan operasi bedah, namun memiliki masalah dengan kadar gula darah yang tinggi. Meskipun ini hanya sebatas mereka yang terkena diabetes tipe 2, dimana produksi insulin masih ada.

Buah semangka bisa meningkatkan kesehatan tubuh

Kandungan pada bagian merah buah semangka memang sangat kaya akan vitamin dan mineral. Bagian ini banyak dicari orang, sangat segar saat dikonsumsi pada udara yang panas. Biasanya banyak pedagang buah yang mangkal di sudut jalan menjajakan buah semangka ini. Memang biasanya buah semangka bisa langsung dikonsumsi, namun banyak pula yang membikin jus atau rujak manis, tentunya dengan campuran buah-buahan jenis lainnya.

Namun yang paling baik adalah mengkonsumsinya secara segar, tanpa tambahan apapun. Hal ini tentunya untuk menghindari campuran pada buah semangka yang akan merusak kandungan vitamin dan mineralnya. Sebagaimana diketahui vitamin dan mineral adalah bagian esensial bagi tubuh untuk menjaga metabolisme tubuh, menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger