Khasiat Jagung

Jagung memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga merupakan sumber energi dan bisa menjadi makanan pokok seperti nasi. Namun selain itu jagung juga memiliki banyak khasiat, beberapa kandungan mineral pada jagung juga berguna sebagai diuretik. Jagung juga dikenal bisa menghaluskan kulit, sehingga sering dipakai sebagai masker pada kulit wajah.

Hal ini memang tidak berlebihan, karena jagung sudah lama dikonsumsi orang. Jagung juga cukup mengenyangkan, beberapa mengkonsumsinya sebagai nasi jagung. Namun rasanya yang gurih membuatnya sangat cocok direbus, digoreng maupun dibakar. Salah satu favorit orang-orang adalah jagung brodong. Jagung kering yang dipanaskan dengan mentega atau minyak sehingga pecah atau meledak, dengan sedikit penyedap sudah bisa dinikmati seperti sebuah jajanan yang enak.

Memang dari cara mengolah jagung inilah yang sering menyembunyikan khasiat jagung yang sebenarnya. Bayangkan seperti jagung yang sudah tinggi karbohidrat diolah dengan minyak atau mentega yang juga kaya lemak, maka jagung ini berubah menjadi makanan yang mengenyangkan dan tinggi lemak pula. Bila memang ingin menurunkan berat badan jangan konsumsi jagung dengan model ini.

Ada banyak cara dalam mengolah jagung yang membuatnya masih lebih bermanfaat, salah satunya dengan direbus. Kandungan vitamin dan mineralnya akan sangat kentara, ini sangat baik buat kesehatan. Dikonsumsi hangat-hangat jagung ini sudah cukup baik bagi menjaga vitalitas tubuh. Memang dari cara mengolah sudah bisa diraih manfaat jagung yang sebenarnya.

Jagung sebagai sumber karbohidrat utama yang sehat

Bila ingin bervariasi dalam menu makanan harian, bisa digunakan jagung sebagai pengganti nasi. Bisa dengan mengolahnya menjadi nasi jagung, makanan ini cukup popular dan enak untuk dinikmati. Nasi jagung juga sangat gurih dengan saweran parutan kelapa muda. Racikan makanan ini sudah cukup bagus memberi energi bagi tubuh.

Beberapa orang yang ingin menurunkan berat badan menemukannya lewat konsumsi nasi jagung ini. Biasanya sangat efektif dibuat sarapan, maupun makan malam, sumber energinya yang sehat bisa mengontrol berat badan secara sehat. Namun tentunya disesuaikan aktifitas fisik sehari-hari.

Air rebusan jagung untuk diuretik alami

Bila ingin turun tekanan darah, maka minumlah air rebusan jagung. Kandungan mineral kalium yang terdapat dari jagung ini memang sangat afdol buat diuretik alami. Tentunya ini sangat baik dalam menjaga kesehatan ginjal, sekaligus bisa digunakan sebagai obat penurun tekanan darah.

Namun kebanyakan orang biasanya menghisap air rebusan jagung ini dari dalam jagung itu sendiri. Selain enak makan jagung rebus, juga cukup gurih air rebusannya, apalagi dihidangkan hangat-hangat saat musim hujan. Sudah bisa memuaskan rasa lapar dan menjaga kesehatan tubuh.

Parutan jagung untuk masker kulit muka

Banyak yang menyukai masker dari parutan jagung ini, efek untuk keindahan dan kesehatan kulit sangat terasa sekali. Biasanya tak sampai lima belas menit masker jagung ini sudah terasa sekali kencangnya. Beberapa memang merasakan begitu segar di permukaan kulit wajah.

Tidak heran biasanya saat ibu-ibu ini bikin dadar jagung, juga menggunakannya untuk masker wajah. Dadar jagung ini sudah terkenal sebagai masakan yang sedap sejak dari dulu. Lebih mirip kayak kerak telor yang gurih rasanya, namun lebih murah dalam pengolahannya. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger