Cara Menjaga Kesegaran Bunga

Sungguh menyenangkan bisa menikmati kesegaran bunga di meja belajar maupun ruang tamu. Namun biasanya tidak bertahan lama, bunga akan cepat layu dan hilang kesegarannya. Persoalannya memang terletak pada hilangnya nutrisi maupun air yang mendukung kehidupan sebuah bunga.

Pada bunga yang beraroma wangi juga akan hilang baunya seiring hilangnya kesegaran bunga tersebut. Memang bunga memiliki kadar air yang cukup saat tumbuh di dahannya, namun saat lepas dari dahannya akan mengalami penguapan dan penurunan kadar airnya membuat bunga ini menjadi layu dan hilang aroma serta kesegarannya. Jalan satu-satunya memang menjaga agar penguapan tidak terjadi sama sekali atau terlalu cepat.

Dengan memahami prinsip penguapan pada proses layunya bunga, maka bisa diusahakan untuk memperpanjang masa segarnya. Meskipun di daerah tropis akan susah sekali menghambat proses penguapan yang terjadi. Di daerah tropis suhu rata-rata memang di atas suhu penguapan sehingga apapun di tempat teduh sekalipun akan cepat menguap dan layu.

Namun beberapa gardener melakukan percobaan dan berhasil memperpanjang masa kesegaran bunga yang sudah dipetik. Tentunya ini di luar mesin pendingin atau kulkas, ataupun dengan bantuan alat pendingin ruangan. Memang sih Aircon bisa membantu mengurangi panasnya suhu ruangan sehingga bisa mengurangi proses penguapan.

Memetik bunga dengan rantingnya

Memang bila ingin lebih lama kesegaran sebuah bunga maka harus diikutkan rantingnya. Inipun juga dengan sudut potong 45 derajat, pokoknya sedikit miring sehingga akan memperluas kapiler di ranting bunga tersebut. Lalu tempatkan pada air yang bisa ditambahkan gula untuk memberi nutrisi dan air pada bunga tersebut.

Cara ini boleh dibilang sukses untuk menjaga kesegaran bunga selama beberapa hari. Meskipun ini akan berkejar-kejaran dengan proses penguapan yang sedang terjadi, jadi juga harus ditempatkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Terutama jauhkan dari jendela atau pantulan dari sinar matahari.

Petik bunga tersebut di sore hari

Memang bila harus memetik bunga tersebut di sore hari, ini akan mengurangi proses penguapan yang akan dihadapi. Begitu dipetik bunga dengan rantingnya harus langsung dimasukan dalam air, atau sebuah botol atau vas bunga yang sudah diisi air. Karena bila dibiarkan terlalu lama, kapiler pada ranting tersebut bisa menutup dan tidak bisa menyerap air yang disediakan.

Beberapa gardener juga menambahkan peroksida selain gula ke dalam air tersebut. Peroksida akan berguna membasmi bakteri atau jamur yang bisa mengganggu kesegaran bunga tersebut. Juga ganti air tersebut setiap harinya, untuk memberi nutrisi yang baik bagi bunga tersebut agar lebih lama kesegarannya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger