Mempercepat Proses Pengomposan dengan EM4

Proses pengomposan adalah proses penguraian bahan kompos menjadi kompos yang memiliki struktur sebagai penyubur tanah. Secara alami proses pengomposan terjadi juga di alam, biasanya membutuhkan waktu untuk terurai sempurna. Namun proses ini bisa dipercepat dengan penggunaan EM4, yang berisi bakteri atau mikroorganisme pengurai bahan alami.

EM4 yang ditemukan oleh Prof. Teruo Higa dari Jepang ini memang hasil pengembang biakan bakteri dari usus kambing. Namun dalam pengembangannya sudah banyak menggunakan bahan-bahan alami dari tumbuh-tumbuhan yang dibuat melalui proses fermentasi. Hasilnya memiliki kemampuan yang sama sebagai pengurai bahan alami.

Namun inipun juga berkembang pula, kompos yang sudah jadi juga bisa dijadikan bahan untuk mempercepat proses pengomposan. Jadi tidak harus untuk mempercepat proses pengomposan dengan menggunakan EM4. Kompos yang sudah jadi memiliki bakteri atau mikroorganisme pengurai yang sama fungsinya dengan EM4, tentunya lebih murah tanpa harus membuat atau membeli.

Dalam perkembangannya EM4 mengalami proses produksi yang beragam, namun dengan hasil yang sama. Cara kerja dari bakteri atau mikroorganisme yang mengikuti proses fermentasi ini bisa dimodifikasi dengan beragam proses fermentasi. Tentunya akan memperkaya zat pengurai alami yang sangat berguna dalam membuat kompos.

Membuat EM4 dari bahan alami

Bila ingin membuat EM4 dari bahan alami bisa dilakukan di rumah. Ambil botol plastik yang tak terpakai isi dengan potongan kecil sayuran, potongan kecil kulit buah-buahan dan ditambahkan bekatul. Biarkan campuran ini selama seminggu dan tutup botol dalam posisi terbuka. Maka bahan aktif bakteri akan terbentuk dari campuran bahan tadi.

Selanjutnya cairan yang terbentuk ditambahkan bahan yang sama dan dibiarkan selama seminggu. Cairan yang terbentuk akan semakin diperkaya dengan bakteri pengurai. Selanjutnya ditambahkan lagi bekatul, gula merah dan air cucian beras, maka setelah seminggu cairan semakin efektif terfermentasi menjadi EM4. Baru botol tersebut bisa ditutup dan digunakan sebagai EM4 alami.

Memperbanyak EM4

Bila harus membeli EM4 memang tidak terlalu ribet, namun akan sayang bila langsung dipakai tanpa dioplos atau diperbanyak. Cara memperbanyaknya dengan menambahkan sekitar 20 mililiter larutan EM4 dengan 10 gram gula pasir dan dimasukan dalam botol plastik yang berisi satu liter air bersih. Kemudian dikocok dan diperam selama 24 jam, lalu cairan ini sudah bisa dipakai.

Cara ini memang cukup efektif dalam memperkaya EM4, meskipun dalam kenyataannya EM4 dari kompos juga sama efektifnya. Penggunaan cara beragam dalam aplikasi EM4 memang harus dilakukan agar proses pengomposan menjadi lebih cepat dan efektif. Karena bagaimanapun produksi sampah yang sangat banyak harus diuraikan dengan cepat dengan bakteri pengurai.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger