Menanam Tanaman Coleus di Halaman Rumah

Tanaman coleus dikenal akan keindahan warna daunnya, meskipun banyak yang lebih menyebutnya bunga coleus. Padahal bunga dari tanaman coleus tidak terlalu dipiara, bunganya sering dibuang karena bisa menghalangi pertumbuhan daunnya. Banyak tanaman coleus yang disilang untuk mendapatkan warna dan bentuk daun yang indah.

Tanaman coleus banyak ditanam di taman sebagai tanaman pagar, ditanam berjajar dan berkelompok. Tanaman ini akan terlihat apik saat ditata membentuk sebuah pola, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai penyemarak taman. Warnanya yang begitu cemerlang membuat banyak yang menyukainya.

Tanaman ini sebenarnya juga bisa ditanam di dalam rumah, diletakan di dalam pot. Namun warna daunnya tidak begitu semarak bila tidak terkena sinar matahari, meskipun daunnya juga bisa pudar bila terlalu banyak terkena sinar matahari. Makanya bunga ini sangat cocok ditanam berdampingan dengan pohon peneduh. Bisa mendapatkan cahaya sinar matahari di pagi dan sore hari tapi akan terlindungi dari teriknya sinar matahari di siang hari.

Menyiapkan lahan tanam

Sebaiknya tanaman coleus ditanam di luar rumah, meskipun bisa juga ditanam di pot dan diletakan di dalam rumah. Namun bila mendapatkan sinar matahari yang cukup tanaman coleus akan semakin berwarna dan semarak. Maka lebih baik ditanam di halaman rumah, selain bisa tumbuh sempurna juga akan memudahkan dalam perawatan.

Coleus sangat mudah tumbuh di tanah yang cukup basah, meskipun bisa tumbuh di tanah biasa. Hanya perlu pengairan yang lebih sering, kadar penguapannya sangat tinggi sehingga harus rajin disiram. Maka tanah yang baik adalah yang bisa meresap air, dan tidak terlalu berpasir. Penggunaan kompos bisa di berikan di awal mengolah lahan, ini akan dengan cepat menambah daya tumbuh tanaman coleus.

Menyiapkan bibit tanaman coleus

Bibit coleus bisa didapatkan dari biji atau stek pada batangnya, sehingga banyak yang mengawin silangkan bibit coleus untuk mendapatkan varietas baru. Meskipun tetap saja daya tarik pertumbuhan daunnya akan tergantung dari paparan sinar matahari. Warnanya akan cenderung menghijau bila tidak mendapatkan sinar matahari.

Bibit tanaman coleus bisa dengan mudah didapat di toko bunga, meskipun banyak yang mencari di hutan sebagai tanaman liar. Biasanya akan selalu bergerombol,dan bisa tumbuh tinggi. Meskipun akan tampak indah bila dipangkas dan digunakan sebgai tanaman pagar.

Menanam tanaman coleus

Bila ingin digunakan sebagai tanaman pagar, maka bisa diatur jaraknya agak renggang di awal menanamnya. Kemudian setelah tumbuh rata, baru ditambahkan di sela-sela tanaman ini. Memang menanamnya bisa bertahap untuk melihat karakter daun dan perpaduannya dengan yang lain.

Meskipun bila ingin pola warna yang sama bisa ditanam secara serempak. Sebaiknya menanam tanaman ini saat sore hari. Ini untuk menjaga kesegaran, sekaligus pertumbuhan daun. Tanaman ini sangat baik bila ditanam di awal musim hujan, akan cepat bersemi dan tumbuh cepat. Meskipun karakter daunnya akan semakin semarak dengan kehadiran sinar matahari.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger