Menumbuhkan Tanaman dari Pensil

Kegiatan yang dilakukan pelajar dari MIT ini cukup menarik untuk dikembangkan.Ya mereka membuat pensil yang bisa digunakan untuk menumbuhkan tanaman. Ini tentunya sangat cocok bila diterapkan di sekolah dan anak-anak akan terbiasa menanam tanaman sehabis pensilnya habis.

Teknik ini cukup sederhana, pada pensil yang dibuat dari kayu cedar ini diujung satunya diletakkan tiga biji tanaman. Begitu pensilnya yang dipakai semakin pendek, maka bisa ditancapkan ujung yang ada bijinya ini ke dalam tanah. Hasilnya cukup menarik, akan tumbuh tanaman dari ujung pensil tersebut. Dari percobaan yang dilakukan bisa menumbuhkan tanaman dalam seminggu.

Ini karya yang sangat bermanfaat dalam mengajarkan pentingnya menanam tanaman. Memang tanaman penting bagi kehidupan, bila tidak ada tanaman maka karbon dioksida akan memenuhi bumi ini dan manusia tidak akan bisa hidup. Tentunya ini bisa memupuk kalangan pelajar dan anak-anak sejak dini. Mereka adalah penerus masa depan yang harus menyadari pentingnya tanaman bagi kehidupan.

Pensil ini boleh dibilang karya yang sederhana, namun memiliki pesan moral yang penting bagi kelestarian alam dan kehidupan. Selama ini manusia memang sudah terbiasa menebang dan mengeksplorasi hutan tanpa pernah mengembalikan kehidupan hutan ini. Hasilnya pemanasan global, hilangnya hutan alam sudah terjadi terus menerus dan sulit untuk dihentikan. Manusia sudah terbiasa menikmati tanpa pernah berbuat bagi kelestarian alam.

Mengajarkan pentingnya pohon bagi kehidupan

Ada hal yang banyak diabaikan di system pendidikan selama ini, begitu buah pendidikan di masa lalu tidak bisa mencegah kerusakan hutan yang parah ini. Padahal pohon besar sekali manfaatnya bagi kehidupan. Boleh dibilang bila pohon ini habis, maka kehidupan manusia akan habis pula.

Jadi punahnya pohon bisa berarti punahnya manusia juga. Ini yang harus ditekankan dalam mengajarkan pentingnya pohon bagi kehidupan. Disini memang perlu media yanag mudah untuk dicerna dan dibiasakan sejak dari kecil. Semakin si kecil mengerti, maka perhatian akan kelestarian alam akan semakin meningkat.

Merubah mindset akan eksploitasi alam yang berkelanjutan

Satu hal dari pelajaran menanam pohon adalah selalu mengembalikan apa yang kita ambil dari alam. Meskipun sebenarnya pohon hutan tidak bisa tergantikan, namun setidaknya perlu dicegah untuk menebang secara serampangan. Perlu tata laksana dalam eksploitasi alam yang sustainable atau berkelanjutan.

Jadi biarkan pohon tumbuh dan memberi kehidupan pada sebuah ekosistem, ambil manfaatnya dari peran hutan alam ini bagi ekosistem dunia. Pemanasan global dan perubahan iklim adalah banyak hal yang terjadi akibat eksploitasi hutan alam yang serampangan sehingga hutan kehilangan fungsinya bagi ekosistem dunia. Pensil yang bisa menumbuhkan tanaman bisa dijadikan media bagi pendidikan sejak dini akan pentingnya pohon dan hutan bagi kehidupan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger