Khasiat Daun Singkong

Mungkin banyak yang mengira daun singkong hanya untuk makanan kambing, namun kandungan gizi yang beragam di dalamnya membuat daun singkong layak untuk dikonsumsi. Daun singkong memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Daun singkong juga berasa lezat bila tepat mengolahnya.

Kebanyakan orang mengolahnya menjadi sayur kental, yaitu dengan campuran air perasan kelapa tua. Biasanya menjadi menu yang nikmat untuk sarapan maupun makan besar lainnya. Memang sangat nikmat bila dikombinasikan dengan nasi dan lauk-pauk lainnya. Meskipun daun singkong juga bisa dibikin lalapan, rasanya sama nikmatnya dan bergizi tinggi.

Hanya memang jangan memasak atau merebusnya terlalu matang, sehingga bisa hilang beberapa vitamin esensial dari daun singkong ini. Daun singkong masuk kategori sayuran yang berwarna hijau, enak dikonsumsi dan gurih rasanya. Paling sip memang diolah setengah matang sehingga kandungan vitaminnya akan tetap utuh, meskipun ini tidak akan mengurangi rasa lezatnya.

Menurut beberapa penelitian, kandungan meniral esensial yang penting pada daun singkong adalah zat besi. Daun singkong bila dikonsumsi secara rutin bisa mengganti kekurangan akan zat besi yang sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Seperti diketahui sel darah merah adalah bagian dari system peredaran darah dan metabolisme pada tubuh.

Daun singkong berkhasiat mengganti sel darah merah

Sebagaimana organ tubuh lainnya, sel darah akan memiliki siklus hidup dan harus diganti dengan yang baru. Ini memerlukan zat besi yang berguna dalam memproduksi sel darah merah. Orang dengan kekurangan sel darah merah akan mudah mengantuk, cepat lelah, kepala pening dan berkunang-kunang, serta menjadi kurang bergairah. Biasanya bisa dilihat dengan cepat pada bagian dalam kelopak mata yang lebih berwarna pucat dibandingkan warna yang agak kemerahan.

Kekurangan akan zat besi ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi daun singkong ini. Tentunya dengan asupan yang teratur dan rutin, bisa digunakan menjadi menu makanan sehari-hari. Daun singkong bisa digunakan sebagai sayur, lalapan, bahkan ada yang menggunakan sebagai panganan yang enak, seperti kripik daun singkong. Ini tentunya akan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Daun singkong berkhasiat memperbaiki sistem pencernaan

Bila perut merasa tidak nyaman, nafsu makan menurun maka daun singkong bisa mengatasi gangguan pencernaan. Biasanya dengan memasak daun singkong menjadi lalapan akan dengan cepat mengatasi gangguan percernaan. Ibi rumah tangga paling suka memasak daun singkong ini dengan merebus setengah matang, lalu dicampur dengan perutan daun kelapa. Ehm rasanya akan sangat nikmat, lalapan daun singkong ini juga enak bila dicampurkan dengan nasi.

Bila menyukai rasa agak pedas, maka bisa ditambahkan sedikit cabai. Satu atau dua biji sudah cukup untuk membuat lalapan daun singkong ini semakin enak rasanya. Biasanya tak beberapa lama nafsu makan akan kembali pulih dan organ pencernaan juga kembali sehat.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger