Khasiat Daun Salam

Daun salam yang kering sudah cukup lama dikenal orang sebagai penyedap masakan. Ini terutama pada masakan sayuran yang berkuah, biasanya rasanya menjadi lebih enak dan harum baunya. Namun sebenarnya daun salam juga berkhasiat bak bagi kesehatan.

Daun salam memang biasanya digunakan dalam bentuk kering, saat terkena air panas akan melepaskan beberapa kandungan mineral yang baik bagi kesehatan. Memang belum banyak penelitian yang secara ilmiah menjabarkan manfaat daun salam yang sesungguhnya. Namun secara turun temurun daun salam digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dalam daun salam diduga memiliki beragam mineral yang bermanfaat membantu metabolisme tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan proses degenarasi dalam tubuh. Kandungan mineral ini bila dijabarkan satu persatu memang sangat baik dalam menanggulangi penyakit degenerasi yang biasanya terjadi pada usia paruh baya.

Banyak penyakit degenerasi yang bisa dicegah dengan mengkonsumsi ekstrak daun salam ini. Seperti penyakit kencing manis, tekanan darah tinggi, kerusakan pembuluh darah maupun organ pencernaan. Daun salam juga sangat efektif dalam memperbaiki system pencernaan yang lagi ngambek. Biasanya dengan mengkonsumsi sayuran yang ada daun salamnya dalam kondisi hangat-hangat kuku akan dengan segera menghilangkan rasa tidak nyaman di perut.

Daun salam berkhasiat mencegah penyakit degenerasi

Memang bila rajin mengkonsumsi ekstrak daun salam maka beberapa penyakit degenerasi bisa dicegah, seperti penyakit kencing manis, darah tinggi, jantung, ginjal yang biasanya terjadi pada usia paruh baya. Memang cara konsumsinya bisa dengan ekstrak atau dilarutkan di air hangat lalu dikonsumsi larutan tersebut, bisa ditambahkan sedikit madu untuk menambah rasa. Namun akan lebih nikmat bila dikonsumsi dengan masakan yang menggunakan daun salam.

Biasanya ada kombinasi antara bumbu masak dengan daun salam, seperti sinergi daun salam dengan jahe dalam bumbu masak yang berguna bagi kesehatan. Meskipun memang tidak harus masak makanan berkuah, namun membiasakan menggunakan daun salam sebagai bumbu masak sudah cukup dalam mencegah dari penyakit degenerasi. Memang tidak akan terjadi sekarang, namun penyait degenerasi bisa menjadi momok bagi para lanjut usia.

Daun salam berkhasiat meredakan gangguan pencernaan

Kandungan beragam mineral pada daun salam memberi manfaat yang baik bagi organ pencernaan. Biasanya sakit perut, nyeri perut, mules, masuk angina, susah buang angina, bisa dengan cepat diredakan dengan ekstrak daun salam. Meskipun akan lebih enak dengan mengkonsumsi sayuran yang dilarutkan daun salam di dalamnya.

Memang daun salam sebenarnya memiliki banyak khasiat, dikabarkan juga sangat baik bagi yang sedang diet. Elstrak daun salam akan meredakan penyerapan glukosa di organ pencernaan, ini sangat bagus bagi yang sedang menurunkan berat badan. Biasanya bila sedang diet keras, bisa menggunakan ekstrak daun salam dalam sup atau masakan lainnya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger