Memilih Lampu untuk Interior Rumah

Lampu penerangan di dalam rumah bisa mempengaruhi interior rumah secara signifikan. Tidak hanya model lampu yang penting bagi interior rumah, desain dan pencahayaannya juga memberi efek langsung pada warna interior rumah. Refleksi cahaya dari lampu bisa merubah warna asli dari cat rumah.

Biasanya orang cenderung mendahulukan desain lampu, modelnya dan bentuknya, baru kemudian jenis pencahayaannya. Padahal refleksi cahaya dari penerangan lampu justru memberi pengaruh yang lebih besar. Refleksi cahaya dari lampu penerangan mempedarkan warna interior rumah.

Bisa jadi di siang hari warna hangat akan tetap hangat, begitu pula dengan warna dingin. Namun saat malam hari sinar lampu akan merubah warna interior rumah secara massif. Warna dingin bisa menjadi begitu gelap, tidak begitu berpedar bila refleksi cahayanya kurang begitu terang.

Demikian pula dengan warna hangat, bila terlalu gelap refleksi cahayanya hanya akan memancarkan sedikit semaraknya warna cat rumah yang sebenarnya. Memang biasanya orang cenderung mengadaptasi car rumah dengan cahaya siang hari atau sinar matahari secara langsung, tanpa pernah mencoba melihat hasil dari refleksi sinar lampu yang ada.

Bisa jadi harus menyediakan jenis lampu yang lebih terang, seperti merkuri atau sejenisnya, hanya untuk melihat refleksi yang tepat bagi pedarnya cat rumah. Sesuatu yang tidak efisien, padahal bila sejak awal sudah dicoba memilih jenis lampu, jenis cahayanya dan dilihat refleksinya terhadap cat rumah, maka tidak perlu lahi gonta-ganti jenis maupun warna lampu. Kejadian ini sering terjadi saat tidak puas dengan warna cahaya terhadap kombinasi dengan warna cat rumah.

Memilih jenis lampu sesuai warna rumah

Meskipun jenis lampu bisa dirubah pencahayaannya tanpa terlalu banyak ongkos, hanya biasanya desainnya menjadi perhatian utama di awal. Padahal jenis cahaya yang dihasilkan oleh lampu rumah mempengaruhi warna cat rumah secara signifikan. Biasanya cahaya lampu akan bisa merubah warna cat rumah menjadi hidup atau berupa menjadi gelap.

Hal ini memang sedikit ribet, meskipun harusnya eksperimen ini dilakukan sebelum menentukan warna cat dalam rumah. Namun bila sudah terlanjur memang harus jeli memilih kombinasi warna lampu yang sesuai dengan warna cat rumah. Hasil refleksi warna akan tampak saat malam hari dimana pancaran warna sinar lampu berpedar dengan cat rumah. Kombinasi inilah yang menentukan kondisi warna di dalam rumah pada malam hari, biasanya warna hangat sangat semarak pada malam hari dibandingkan warna dingin.

Memilih model lampu sesuai interior rumah

Selain warna memang desain atau model lampu di dalam rumah akan memperngaruhi interior rumah secara serius. Tidak hanya itu saja akan tergambar jenis interior yang diadobsi, meskipun pada akhirnya akan menyatu dengan interior rumah. Namun penyatuan ini akan tidak selaras bila jenis lampu yang dipilih tidak sesuai dengan interior rumah.

Pemilihan ini sebenarnya dengan mudahnya bisa melihat sketsa atau gambar di awal. Meskipun orang lebih sering melihat bentuk yang menarik dari suatu lampu, tanpa melihat pengaruhnya terhadap interior rumah. Model begini memang biasa dilakukan, tanpa terlalu berpengaruh pada interior rumah. Padahal sebenarnya amat berarti bagi keserasian dengan interior rumah yang sedang dibentuk.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger