Memilih Warna Cat untuk Ruang Kamar Tidur

Kamar tidur adalah tempat untuk beristirahat sehabis bekerja, menghilangkan kepenatan, stress, sehingga harus terasa nyaman dan menentramkan. Memang warna cat pada ruangan kamar tidur akan sangat mempengaruhi psikologis penghuninya. Warna cat yang sesuai dengan karakter pemiliknya akan memberi ketenangan dan memudahkan untuk beristirahat.

Banyak yang memilih warna dingin untuk ruangan kamar tidur, meskipun ada juga yang memilih warna hangat. Warna dingin memang lebih kalem dan menenangkan, lain dengan warna hangat yang lebih berkesan aktif dan ceria. Warna dingin ini banyak ragamnya, meskipun kebanyakan orang bertumpu ke warna biru. Padahal kisarannya bisa luas dan memiliki spektrum yang bervariasi.

Memang saat memilih warna cat rumah orang cenderung menyesuaikannya dengan karakter mereka. Namun untuk kamar tidur harusnya disesuaikan dengan fungsi kamar tidur, sebagai tempat beristirahat dan menenangkan diri. Bisa saja penghuninya berkarakter ceria, aktif, optimis, bersemangat, namun biasanya karakter seperti ini akan mudah meleleh dengan warna dingin.

Juga pada orang berkarakter kalem, tenang, sensitif, akan lebih terpengaruh dengan warna dingin, bahkan lebih mudah larut dengan warna dingin ini. Meskipun bisa warna ruang kamar tidur mengikuti usia penghuninya. Memang kesan pada warna akan merefleksikan ke pemiliknya, namun usia juga mempengaruhi secara positif.

Pada anak-anak cenderung lebih fleksibel, warna apapun asalkan mereka menyukainya akan berpengaruh positif saat beristirahat maupun saat bermain. Justru memberikan warna yang disukainya akan memberi hari-hari mereka ceria, tenang, nyaman sepanjang waktu. Namun saat usia menginjak remaja, dewasa muda, sudah ada perbedaan signifikan dalam melihat warna. Orang dewasa mungkin akan menyukai sebuah warna, namun secara umum akan begitu jatuh pada warna yang bercorak dingin.

Memilih warna yang disukai untuk ruang kamar tidur anak

Memang untuk anak-anak lebih baik memilih warna yang mereka sukai. Selain bisa membuat mereka lebih senang dengan kamar tidurnya, juga bikin mereka nyaman dan betah di kamarnya. Lagian warna yang mereka sukai bisa menginduksi tidur mereka dengan mudahnya.

Anak-anak juga bisa menikmati hari-hari mereka di kamar tidur, baik untuk bermain maupun untuk hal lainnya. Kamar tidur adalah pusat aktifitas mereka, menjadi tempat yang paling banyak mengisi waktu bermain mereka. Tempat yang membuat mereka nyaman akan memberi efek positif bagi perkembangan mental dan kenyamanan secara psikologis.

Memilih spektrum warna dingin untuk ruang kamar tidur

Warna dingin memang bisa berpengaruh positif secara psikologis, memberi efek menenangkan, kalem, rasa aman dan nyaman. Warna dingin juga meredakan emosi yang meletup, membantu menyembuhkan stress kerja secara perlahan, dan menginduksi program tidur secara cepat. Memang warna dingin ini harus dibantu dengan pencahayaan ruangan yang tidak terlalu cerah, meskipun warna putih lampu biasa bisa digunakan. Namun lebih disarankan pencahyaan yang agak redup akan menginduksi tidur dengan cepat.

Warna dingin memang berspektrum luas, dengan dasar warna biru yang bisa dikombinasikan dengan warna dingin lainnya. Kombinasi ini bisa dengan pencahayaan lampu di kamar tidur. Bisa juga dengan variasi curtain yang akan memberi efek menenangkan bagi penghuninya. Memang permainan warna yang dioptimalkan bisa memberi efek positif bagi penghuninya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger