Khasiat Minyak Kelapa

Sejak dari dulu minyak kelapa digunakan untuk berbagai kebutuhan hidup sehari-hari. Mulai dari penggunaan sebagai minyak goreng, perawatan rambut, sampai untuk perawatan kulit bayi. Memang minyak kelapa yang dibuat dari olahan buah kelapa ini memiliki fungsi yang beragam.

Baunya yang harum dan wangi menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Meskipun dengan berjalannya waktu, orang sudah nggak mau ribet lagi dan mencari jalan yang praktis. Memang untuk memperoleh minyak kelapa dibutuhkan beberapa langkah yang tidak semua orang menyukainya.

Namun bagi yang sudah mengerti akan khasiat minyak kelapa dan mereka yang menyukai produk alami, tentunya mau saja sedikit ribet, toh banyak peralatan yang bisa digunakan untuk membantu mendapatkan minyak kelapa. Terlebih lagi bahan alami lebih bersahabat bagi kesehatan tubuh dibandingkan produk olahan yang sering sudah bercampur dengan beraneka-ragam bahan kimia. Memang akan kembali pada fungsi dan kegunaan dalam melihat keunikan sebuah bahan alami.

Minyak kelapa ini memang memiliki unsur alami yang banyak khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Bila digunakan untuk menggoreng memiliki bau khas wangi dan harum serta menyedapkan setiap masakan. Kadar kolesterolnya memang cukup tinggi, tapi cukup sehat dibandingkan dengan minyak goreng olahan, ada beda antara lemak jenuh dengan lemak tak jenuh. Namun disini minyak kelapa lebih moderat dalam kadar dan efek kolesterolnya bagi kesehatan tubuh.

Penggunaan minyak kelapa yang sering dilakukan adalah untuk merawat kesehatan rambut. Minyak kelapa ini sangat bagus dalam menjaga kelembaban pada kontur rambut. Ini yang dibutuhkan oleh rambut yang sehat dan subur, bila ingin rambut hitam berkilau, maka minyak kelapa adalah solusinya.

Minyak kelapa juga biasa digunakan menyembuhkan bengkak di kulit akibat gigitan serangga. Maka tidak heran juga sering digunakan untuk menyembuhkan iritasi pada kulit si bayi yang memang masih peka atau sensitif. Khasiatnya memang mendinginkan bagian yang diolesi oleh minyak kelapa, sehingga proses radang maupun iritasi bisa diredakan.

Memang tidak mudah memperoleh minyak kelapa ini, selain harus mendapatkan kelapa tua yang betul-betul masih segar. Juga diperlukan beberapa langkah untuk memperoleh minyak kelapa. Dari satu buah kelapa mungkin hanya bisa diperoleh beberapa sendok minyak kelapa, maka dibutuhkan beberapa buah kelapa tua yang segar untuk mendapatkan sebotol minyak kelapa.

Prosesnya memang sedikit ribet, namun sangat bernilai saat memperolehnya. Dulu orang biasanya menggunakan bahan bakar kayu untuk memperoleh olahan minyak kelapa, jadi ongkos produksinya nol, hanya butuh waktu saja. Namun dengan kondisi saat ini harga bahan bakar yang tidak murah, maka banyak yang meninggalkan olahan minyak kelapa ini. Namun yang jelas khasiat minyak kelapa ini sangat banyak dan baik bagi kesehata tubuh.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger