Menanam Bunga Dahlia

Siapa yang tidak terpesona akan keindahan bunga dahlia? Bunga ini memiliki keaneka-ragaman warna yang menarik banyak orang. Juga berbagai jenis kelopak dari persilangan antara spesies dahlia, semakin membuat keindahan bunga dahlia menjadi lebih semarak. Tak heran bunga dahlia diburu dan dibiakan banyak orang di halaman rumah.

Tanaman bunga dahlia juga sangat mudah pembiakan maupun perawatannya, bahkan banyak yang bereksperimen dengan persilangan spesies dahlia baru. Memang untuk mendapatkan tampilan bunga dahlia yang lebih indah harus dilakukan persilangan antara dua spesies yang bagus tampilannya, sehingga bisa menghasilkan dahlia jenis baru yang lebih indah. Tidak jarang ini menjadi hobi tersendiri, dari hanya sekedar menanam bunga.

Saat terindah memang melihat bunga dahlia berbunga, apalagi dengan jenis baru hasil sebuah persilangan. Nampaknya terbayar sudah kelelahan berkebun bunga dahlia, memang sekitar dua bulanan akan bisa dilihat keindahan bunga dahlia. Meskipun bisa saja membeli bunga dahlia yang sudah tumbuh, namun tidak mengalahkan jenis baru bunga dahlia.

Menyiapkan Media tanam

Bunga dahlia bisa ditanam di kebun, halaman rumah atau di pot-pot yang bisa dipindah untuk mendapatkan tempat yang bagus bagi pertumbuhan bunga dahlia. Tanaman ini memang suka sinar matahari, namun tidak untuk bunganya yang bisa berpedar warnanya bila terlalu banyak terpapar sinar matahari. Memang menempatkan media tanam di pot lebih baik mobilitasnya dalam memaksimalkan pembiakan bunga dahlia.

Siapkan kompos, pasir halus, bisa juga pupuk kandang, tanah, sebagai media tanam. Perbandingannya bisa disesuaikan dengan kondisi pengairan, dan jenis dahlia yang akan ditanam. Namun lebih baik siapkan seminggu campuran media tanam ini sebelum ditanami bunga dahlia.

Menyiapkan bibit bunga dahlia

Bibit dari bunga dahlia ini bisa didapatkan dari umbi akarnya, bagian batang, biji, yang bisa disemaikan menjadi bibit bunga dahlia. Namun bila tak mau ribet membeli di pak penjual bunga bisa lebih mudah dan cepat tumbuh. Tapi bagi yang ingin bereksperimen menyiapkan dari bibit bisa menjadi tantangan tersendiri.

Ada banyak jenis dahlia, seperti yang terkenal Arabian night, coccine, Adelaide, yang memiliki warna dan kelopak yang indah. Meskipun banyak jenis baru bunga dahlia yang juga tak kalah menariknya. Beberapa memang memiliki nama penanamnya sendiri, kerena memang mereka yang menyilangkan sendiri. Memang lebih baik memilih bibit yang sudah jelas akan bagus tumbuh dan indah bunganya.

Menanam dan merawat bunga dahlia

Penggunaan pupuk kimia tidak dihalangi asal sesuai dengan fase tumbuh, meskipun sebenarnya saat mekarnya bunga bisa dimaksimalkan dengan memangkas ranting dan daun yang tidak utama. Metode ini lebih ramah daripada penggunaan pupuk kimia untuk mendorong pertumbuhan bunga dahlia. Memang akan tampak rimbun dan berbunga banyak, namun akan semakin bergantung pada pemupukan yang intensif.

Pemilihan perawatan sesuai pertumbuhan bunga dahlia bisa menjadi metode yang hemat dan efektif dalam memelihara bunga dahlia. Pemupukan hanya menjadi cadangan, saat pertumbuhan sudah maksimal. Selebihnya bisa diarahkan ke pemangkasan dan pemilihan dahan atau ranting utama yang akan menjadi tumbuhnya bunga. Juga basmi siput, ulat yang menjadi musuh atau hama bagi bunga dahlia.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger