Terong yang Lezat, Bergizi dan Menyehatkan

Banyak ahli kesehatan yang menyarankan pada pasangan yang belum punya momongan untuk mengkonsumsi terong. Ini diduga pada terong, terutama yang berwarna ungu dapat meningkatkan kesuburan pada organ produksi. Selebihnya buah atau sayuran terong ini memang sangat lezat untuk dijadikan menu masakan.

Ambil contoh saja pecel terong atau penyet terong yang dimasak pedas sangat enak dan lezat sekali. Bagi yang gak tawar akan sambal atau pedasnya bisa dimasak penyet tanpa sambal atau lombok. Bisa juga dibikin sayuran model lodeh atau sejenis masakan kental dengan santan.

Lodeh terong memang tak sedap tanpa santan, namun bagi yang punya kolesterol bisa diolah tanpa santan. Caranya dengan menambahkan kemiri lebih banyak atau sejenis bumbu yang mengentalkan bisa diberikan. Rata-rata spicy atau bumbu masak nusantara memiliki khasiat yang baik buat kesehatan.

Terong ini sebenarnya jenis sayuran buah yang harus dipreserve atau dilindungi kadar airnya, karena ini memang tempat gizinya berada. Memang sih dengan disimpan dikulkas bisa diilakukan, tapi orang dulu lebih suka dengan merendamnya di air segar atau dingin. Ini dilakukan sebelum diolah lebih lanjut.

Beberapa orang bahkan sebagian besar dari kita kurang memperhatikan karakterisitik sayuran obat ini. Juga pada beberapa buah-buahan yang harus pintar-pintar menjaga kandungan gizinya. Beberapa vitamin dan mineral yang larut dalam air akan mudah menguap atau berkurang kandungan gizinya karena penyimpanan yang kurang baik.

Terung ini adalah sayuran yang tidak bergetah, sangat baik buat penderita saluran pernafasan yang harus pandai-pandai dalam memilih buah atau menghindari sayuran dan buah yang bergetah. Terong ini hampir sama seperti apel atau sejenis buah sayuran yang memerlukan pengolahan minimal.

Kesegaran harus dijaga dengan menjaga kandungan air saat memasaknya. Tentu saja untuk memperoleh manfaat yang optimal sehingga jangan terlalu matang masaknya. Juga jangan terlalu khawatir akan getah yang dihasilkan.

Pilihan memasak model steam lebih disukai pada terong ini daripada dibakar untuk menjaga kadar air agar tetap optimal. Juga spicy atau tambahan bumbu akan terserap optimal dengan disteam atau dikukus atau bagi yang menginginkan kandungan gizi terong tetap terjaga sampai dinikmati sebagai olahan makanan.
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger