Berkebun bagi Pemula


Mungkin anda tertarik melihat halaman rumah tetangga yang hijau dan rimbun. Kemudian tertarik untuk memulai hobby berkebun, dan tak tahu harus mulai dari mana. Maka cara berkebun bagi pemula adalah memulai dari yang sederhana dulu. Sebisanya hindari memboroskan anggaran yang belum tentu memuaskan hobby baru anda ini.

Terkadang orang terpancing menghiasi halaman rumah dengan bunga yang mahal-mahal. Padahal masih belajar cara memeliharanya. Maka resiko kegagalan akan semakin besar, dan bisa "membunuh" hobby berkebun mereka.

Sebenarnya jangan terpancing dengan apa yang tetangga tanam di halaman mereka. Anda harus memiliki rencana, anggaran dan visi berkebun anda. Coba hiasi halaman anda dengan tanaman yang memiliki manfaat bagi anda. Tidak harus yang mahal, tapi yang jelas tanaman yang tidak mudah mati. Ini akan bisa menjaga kelangsungan hobby berkebun anda

Berikut tips berkebun bagi pemula:

Belanja peralatan sesuai kebutuhan.
Langkah awal untuk berkebun adalah belanja peralatan sesuai kebutuhan. Tidak harus beli peralatan yang baru. Yang bekaspun bisa dipakai. Anda bisa saja cek di gudang anda, peralatan dan tempat yang mungkin bisa dipakai. Dan lengkapi kebutuhan akan peralatan dengan mengunjungi penjual barang bekas. Jika masih kurang bisa membeli yang baru di toko alat dan bangunan.

Membuat kompos sendiri.
Cara paling hemat adalah dengan membuat kompos sendiri. Anda tinggal membeli EM4 dan memanfaatkan sampah rumah tangga dalam membuat kompos. Mungkin dibutuhkan waktu dalam membuat kompos, maka anda harus memnyiapkan pembuatan kompos dulu, sebelum memulai hobby berkebun anda.

Mulai dari tanaman yang murah dan tidak mudah mati.
Tidak selamanya murah itu tidak menarik. Sebagai pemula, maka menanam tanaman yang murah akan menekan biaya seandainya tanaman tersebut mati. Anda harus belajar dan adaptasi dulu dengan hobby berkebun anda. Apalagi jika anda tidak memiliki waktu luang yang regular. Beberapa tanaman memerlukan pemeliharaan yang intensip. Jika anda melewatkan satu haru tanpa pemeliharaan, tanaman tersebut bisa mati. Maka mulailah hobby berkebun anda dengan tanaman yang murah dan tidak mudah mati.

Tanaman herbal mungkin bisa menjadi prioritas.
Tergantung dari tujuan saat anda memulai hobby berkebun. Menanam tanaman herbal bisa menjadi pilihan yang tepat. Tanaman herbal yang lebih sering dikenal dengan "apotik hidup" memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan anda. Tinggal googling anda bisa menanam tanaman herbal yang bisa tumbuh di tempat anda. Lalu bisa dikombinasikan dengan tanaman buah atau bunga pada akhirnya.

Bagi pemula tidak ada langkah instan mendapatkan kebun yang hijau dan rimbun, karena pemeliharaan lebih penting dari menanam. Mungkin hijau dan rimbun untuk sesaat, tapi kalau tanaman mati satu persatu akan bisa "membunuh" hobby berkebun anda.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger