Cara Memperbaiki Kualitas Tanah


Kualitas tanah yang subur sangat baik untuk pertumbuhan tanaman. Karena tanah yang subur biasanya memiliki nutrisi yang lengkap, yang diperlukan oleh tanaman untuk tumbuh. Secara kasat mata kualitas tanah kadang sudah bisa diketahui kesuburannya. Namun kadang diperlukan beberapa tes ringan untuk memastikan tanah tersebut baik untuk tanaman.

Kualitas tanah yang subur menjamin tanaman yang akan kita tanam akan tumbuh maksimal. Meskipun kita tidak bisa mengesampingkan unsur lainnya, seperti air, pupuk, maupun obat-obatan untuk keberhasilan pertumbuhan tanaman yang maksimal. Namun kualitas tanah yang subur juga meningkatkan rasio produksi dan umur tanaman tersebut.

Lebih sering harus dilakukan langkah tepat dalam memperbaiki kualitas tanah. Karena kesalahan dilakukan sehingga membuat tanah bukannya menjadi subur, malah menjadi lebih toksik. Karena lebih mengutamakan langkah kimiawi dalam menyempurnakan unsur tanah, mengabaikan proses natural dari alam, seperti peran cacing, kecoa, yang lebih aman dalam meningkatkan kualitas tanah.

Berikut cara memperbaiki kualitas tanah:

Mengetahui karakteristik tanah.
Beberapa tipe tanah tidak baik dijadikan media pertumbuhan, seperti tanah berpasir, berkapur. Namun bisa diperbaiki dengan menambahkan dan mengolahnya dengan pupuk atau media organik lainnya. Yang terbaik adalah tanah gembur atau berlumpur, karena memenuhi kriteria adanya semua komponen yang dibutuhkan oleh tanaman, yaitu air, udara, lebih baik lagi terdapat mikroorganisme yang hidup di dalamnya.

Mengetahui PH tanah
Kebanyakan tanaman tumbuh maksimal pada tanah berPH netral, artinya tidak terlalu asam maupun basa. Namun PH tanah bisa diatur sedemikian rupa menyesuaikan dengan tipe tanaman yang akan ditanam. Sudah tentu perlu ditambah unsur berlawanan untuk mengatur PH tanah tersebut. Seperti menambahkan kapur pada tanah yang terlalu asam, untuk menetralkan PH tanah tersebut. Yang terbaik adalah PH netral karena memungkinkan mikroorganisme hidup dan menyuburkan tanah tersebut.

Melengkapi komponen dalam tanah.
Ada tiga unsur utama dalam tanah yang harus ada agar tanaman bisa tumbuh, yaitu Nitrogen, Phospor dan Potasium. Kotoran hewan memiliki hampir semua unsur yang diperlukan tanaman, sehingga sering dengan mengolah tanah dengan kotoran hewan bisa memperbaiki unsur utama dalam tanah tersebut. Namun tanah yang terbaik adalah tanah yang dimana mikroorganisme bisa hidup di dalamnya. Seperti cacing adalah sahabat bagi tanaman. Cacing mengolah tanah menjadi makanan bagi tanaman.

Sebisanya hindari penggunaan zat kimia dalam mengolah tanah. Penggunaan kompos sangat dianjurkan dalam mengolah tanah. Karena kompos akan memelihara tanah menjadi lebih "layak" bagi mikroorganisme maupun tanaman untuk hidup.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger