logo blog
Selamat Datang Di Detipso
Terima kasih atas kunjungan Anda di Detipso,
semoga bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Air Kolam untuk Irigasi Taman

Bila halaman rumah anda cukup luas, biasanya sebuah kolam bisa dikombinasikan dengan sebuah taman. Kombinasi ini akan menciptakan sinergi yang menarik. Selain akan memberi nuangsa alami, sebuah kolam akan seperti sebuah danau kecil, yang dikelilingi sebuah taman, seperti layaknya sebuah hutan.

Kombinasi antara kolam ikan dengan taman ini sudah lama menjadi idaman semua orang. Sering halaman sempitpun dibuatkan kolam dan taman di atasnya. Namun pada sinergi yang baik, akan menghemat konsumsi air untuk pemeliharaan keduanya. Karena air kolam bisa digunakan untuk irigasi taman tersebut.

Memang dibutuhkan pengaturan yang seideal mungkin, sehingga tidak perlu menggunakan energi tambahan untuk memindahkan air tersebut. Bahkan kalau bisa air mengalir dengan sendirinya.  Yaitu dengan mengatur ketinggian di antara kedua kolam dan taman tersebut.

Beberapa taman, bahkan disinergikan dengan kolam dan sumber air. Sehingga tidak ada energi yang terbuang, untuk melakukan sirkulasi air di antara ketiganya. Bahkan menghasilkan nilai tambah terhadap kesuburan tanah di taman tersebut.

Sinergi ini ada yang dilakukan pada sebuah peternakan ikan dengan sebuah kebun buah-buahan. Hasilnya sungguh diluar dugaan, bahkan menambah efisiensi dalam pemeliharan di antara keduanya. Karena air dari kolam bisa menjadi pupuk alami bagi perkebunan buah tersebut.

Kolam terletak lebih tinggi dari taman.

Metode sistem terasering dalam pengaturan antara kolam dan taman bisa diterapkan disini. Kolam dibangun lebih tinggi dari taman tersebut. Kemudian sistem pembuangan dari kolam disambungkan dengan paralon kecil yang berlubang. Dan dipasang di jalur taman secara merata.

Ada yang merubah paralon yang berlubang tadi dengan semprotan berputar di ujung paralon. Memang sedikit lebih mahal, namun memberikan hasil yang sama. Yaitu air kolam bisa digunakan untuk irigasi taman.

Semakin besar tamannya akan memberi efisiensi dan penghematan yang lebih besar. Karena nilai otomatisasinya semakin tinggi dan bermanfaat. Meskipun perlu infrastruktur di awal yang cukup besar.

Otomatisasi irigasi taman.

Sinergi antara taman dan kolam ini adalah simple otomatisasi irigasi taman. Dan banyak dikembangkan untuk sistem taman atau kebun yang lebih besar. Sistem otomatisasi ini diusahakan menghemat biaya pemeliharan, serta efisiensi waktu dan penggunaan air secara optimal.

Karena bagaimanapun air begitu berguna atau sulit dicari saat musim kering. Ini sangat cocok diterapkan di daerah yang kekurangan air. Karena akan menghemat penggunaan air dalam distribusi, dan lebih berdaya guna.

Kekurangannya memang terletak di awal instalasinya, karena akan memerlukan dana lebih besar dari sebuah kolam yang biasa. Namun bisa juga dibangun secara bertahap, dan dirangkai mengikuti perkembangan taman. Jadi tidak harus langsung membuat instalasi secara keseluruhan. Pada beberapa kasus membangun sistem irigasi secara bertahap, lebih berdaya guna.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Selamat datang di detipso kami sedang melakukan survey untuk memperbaiki layanan web kami teruskan logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger
-->