Cara Menghemat Pemakaian Listrik

Boleh dibilang kita sering boros dalam pemakaian listrik, terutama di malam hari. Kita sering membiarkan segala peralatan listrik menyala, tanpa fungsi yang jelas. Biasanya lampu yang dibiarkan menyala, tanpa ada seorangpun didalamnya.


Pemborosan pemakaian listrik memang tidak saja meningkatkan biaya rumah tangga, juga menghabiskan sumber daya alam yang tidak terbaharuhi, seperti minyak sebagai bahan bakar penggerak turbin listrik. Juga naiknya emisi karbon yang ditimbulkan akibat pemborosan pemakaian listrik ini. Bila kita bisa menghemat pemakaian listrik, maka akan banyak manfaat yang akan diperoleh.



Disini perlu langkah konkret dalam penghematan listrik. Setidaknya dalam lingkup kecil di rumah, akan bisa menghemat pemakaian listrik secara keseluruhan. Dan itu bisa dimulai dari cara menggunakan peralatan listrik.

Melepas colokan atau jack listrik saat tidak diperlukan.

Meskipun peralatan listrik tersebut sudah dimatikan, selama jacknya masih menempel pada hostnya, maka masih menggunakan daya listrik dalam jumlah kecil. Memang kecil sih, tapi kalau dikalikan dengan banyaknya peralatan yang menempel, akan lumayan juga. Kemudian dikalikan juga dengan lamanya plug listrik menempel akan menjadi lebih besar pula.


Untuk memudahkan memutus arus listrik tanpa melepas colokannya, anda bisa menggunakan saklar atau switch pada hostnya. Ini tentu tidak akan memberatkan anda. Dan bisa menghemat waktu dan tenaga saat melepas colokan listrik tersebut.

Gunakan lampu hemat energi.

Banyak tersedia lampu hemat energi yang bisa digunakan untuk menghemat pemakaian listrik. Bahkan beberapa lampu hemat energi ini lebih terang dari lampu biasanya. Lampu hemat energi ini akan menghemat penggunaan daya secara signifikan.


Memang beberapa lampu hemat energi yang bagus harganya mahal. Namun biasanya memiliki masa pakai yang lebih lama. Artinya anda tidak akan membeli lampu tersebut untuk jangka waktu yang lama, berarti penghematan juga.

Pengaturan ventilasi rumah yang baik.

Memang dengan ventilasi rumah yang baik, akan menghemat penggunaan kipas pendingin. Apalagi dipadu dengan adanya pepohonan di sekeliling rumah. Ini akan semakin membuat sejuk rumah anda.


Pengaturan ventilasi rumah harus mengikuti pola aliran udara di dalam ruangan. Jadi harus selalu ada celah atau lubang bagi udara segar mengalir ke dalam dan keluar rumah. Bahkan seandainya tidak ada aliran udarapun, sebuah kipas pendingin akan bekerja dengan efisien dalam mendinginkan rumah.

Servis AC secara teratur.

Bila rumah anda menggunakan AC, maka servis AC tersebut secara teratur. Ini akan membuat kerja AC semakin efisien. Pada beberapa kasus, AC yang tidak terawat dengan baik, akan bekerja terlalu keras untuk mendinginkan ruangan. Sehingga meningkatkan pemakaian listrik.


Pilihlah AC dengan teknologi baru, selain dayanya rendah, juga hemat listrik. Banyak merk AC yang menawarkan daya yang cukup untuk standar rumah tangga. Sehingga bisa menghemat pemakaian listrik anda.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger