Cara Menghemat Pemakaian BBM

Harga BBM yang murah sering di salah artikan dengan pemakaian yang boros. Hal ini jelas merugikan kita semua, karena bagaimanapun ketersediaan BBM sangat terbatas dan mendekati ketiadaan sumber BBM. Maka perlu tindakan penghematan dalam memakai BBM.

BBM memang merupakan energi fosil yang tidak terbaharuhi, sehingga akan habis suatu hari nanti. Seperti Indonesia yang sudah tidak mencukupi lagi produksi BBM untuk kebutuhan dalam negeri, sehingga keluar dari organisasi penghasil minyak. Harusnya momen ini dimulai dengan penghematan BBM serta mulai digunakan energi terbaharuhkan.

Penghematan BBM harus dilakukan secara nasional atau serentak, karena BBM sudah menjadi barang langka. Artinya harga BBM harusnya sudah sangat mahal, ingat hukum ekonomi, kelangkaan suatu barang produksi akan menaikan harga barang produksi tersebut, seandainya permintaannya semakin tinggi. Demikian pula dengan harga BBM, harusnya sudah sejak awal direncanakan pengurangan permintaan BBM, dengan menggantinya pada penggunaan energi terbaharuhi.

Memang pengalihan penggunaan BBM harus dilakukan dalam jangka menengah, tapi penghematan BBM harus dilakukan segera. Bila tidak dilakukan segera akan kehabisan stok atau sumber BBM yang berakibat banyak kerawanan di segala segi kehidupan.

Mengurangi penggunaan kendaraan yang menggunakan BBM.

Ada banyak alat tranportasi, bila anda memiliki pilihan, maka pilihlah yang tanpa menggunakan BBM. Seperti pemakaian sepeda angin atau sepeda listrik untuk jarak dekat, selain tanpa biaya juga menyehatkan tubuh. Pemakaian alat tranportasi yang bijak akan banyak menghemat pemakaian BBM.

Bila jarak yang ditempuh tidaklah jauh, maka selalu usahakan menggunakan sepeda angin atau sepeda listrik. Ada nilai penghematan yang luar biasa bila dilakukan secara masal atau serentak. Selain itu sepeda angin atau sepeda listrik akan baik bagi lingkungan.

Menggunakan alat tranportasi masal atau umum.

Bila anda bepergian atau ke tempat kerja sendirian, maka cobalah menggunakan alat tranportasi masal atau umum. Karena akan banyak menghemat pemakaian BBM, terutama pada kendaraan roda empat. Coba gunakan transportasi masal ini dalam beberapa hari kerja, maka akan terasa perbedaan ongkos BBM anda. Pengurangan ongkos BBM juga berarti penghematan dalam penggunaan BBM.

Memang kendala transportasi masal yang ideal masih menjadi persoalan. Masih banyak hal yang harus dibenahi di transportasi masal ini, namun tidak menyingkirkan langkah untuk menggunakannya. Karena akan sangat berguna bagi anda dan penghematan BBM pada khusunya.

Setting kendaraan agar hemat BBM.

Banyak cara yang bisa dilakukan pada kendaraan kita, baik mobil atau sepeda motor dalam menghemat penggunaan BBM. Seperti pompa ban mobil atau sepeda motor secara penuh, karena bila ban kendaraan kurang akan membuat gerak kendaraan semakin berat. Hal ini bisa memboroskan pemakaian BBM, apalagi pada rute jarak jauh, akan banyak BBM yang terbuang.

Selalu cek kondisi kendaraan, bersihkan tempat pembakaran BBM di mesin agar lebih irit pemakaian BBM. Ada banyak alat penghemat BBM yang bisa digunakan, agar pemakainan BBM lebih hemat. Namun yang terpenting cek kondisi kendaraan agar selalu optimal, sehingga pemakaian BBM-nya akan efisien.

Gunakan kendaraan secara efisien.

Tidak jarang saat kita menunggu sesuatu, mesin kendaraan masih dinyalakan. Cobalah untuk mematikan, bila memang tidak ada tenggang pasti kendaraan akan berjalan. Hal ini akan bisa menghemat pemakaian BBM.

Tidak jarang ketidak efisien dalam berkendara bisa memboroskan pemakaian BBM. Seperti juga terlalu banyak mengerem di jalan, bila lalu lintas sedang ramai, maka kurangi laju kendaraan, karena ini akan efisien dalam pemakaian BBM. Anda tentu sudah terbiasa dengan rute yang macet dan yang tidak, maka gunakan langkah efisien dalam memilih rute perjalanan anda.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger