Sarang Lebah untuk Sinusitis

Anda pasti akan mengenal sarang lebah, yang berongga-rongga tempat lebah hidup dan menghasilkan madu. Ternyata di sarang lebah itu ada kandungan propolis yang berguna untuk mengatasi sinusitis. Propolis adalah getah yang diambil dari tumbuh-tumbuhan oleh lebah untuk membangun sarangnya. Propolis bagi lebah bermanfaat juga untuk mensterilkan sarangnya dari berbagai macam bakteri atau hama, sehingga sarang lebah akan aman untuk tinggal.

Bagi peternak lebah mungkin sudah mengenal manfaat dari sarang lebah, sehingga masih bisa dijual setelah diambil madunya. Namun bagi pemburu madu hutan, sering melewatkan manfaat dari sarang lebah ini. Biasanya mereka membuang sarang lebah yang sudah tua dan mengambil bagian yang masih muda. Disitu masih ada anak lebah atau larva yang bisa diolah dan dikonsumsi sebagai makanan.

Banyak orang yang mengkonsumsi sarang lebah selama bertahun-tahun, tanpa tahu manfaat yang sesungguhnya. Memang biasanya mereka hanya beralasan untuk kesehatan saja. Padahal beberapa penelitian mengacu adanya manfaat propolis pada sarang lebah untuk menyembuhkan sinusitis.

Sinusitis memang bukan penyakit sembarangan, peradangan di rongga sinus hidung ini sering membuat penderitanya mengalami flu menahun. Flunya tidak sembuh-sembuh, kadang dokter tidak hanya memberi obat-obatan untuk menyembuhkan sinusitis, tapi melakukan operasi pada sinusitis ini. Maka disini pentingnya propolis dalam mengatasi sinusitis.

Propolis diekstrak dari sarang lebah untuk sinusitis.

Propolis memang didapatkan oleh lebah pekerja dari getah tanaman, sehingga komposisi propolis bisa bermacam-macam tergantung dengan jenis getah tanamannya. Namun semuanya memberi manfaat yang positif bagi lebah, maupun manusia yang menggunakannya. Propolis seperti juga madu lebah sangat baik untuk kesehatan.

Ada banyak teknik mengekstrak propolis dari sarang lebah, ada yang menggunakan ethanol, ada pula yang menggunakan air. Propolis yang merupakan campuran getah tanaman, serbuk sari dan air liur lebah ini akan berwarna coklat hijau atau agak tua. Konturnya yang lunak memang sering digunakan oleh lebah, untuk membungkus serangga yang masuk ke sarangnya.

Propolis banyak yang menggunakannya sebagai komposisi dari obat-obatan, seperti bagian dari obat anti virus, anti bakteri, anti parasit, anti tumor, anti oksidan, untuk imunitas tubuh, untuk sinusitis. Propolis sangat baik menstimulasi tubuh dalam mendapatkan imunitas dari beberapa penyakit. Ini sangat cocok untuk anak-anak yang tumbuh dan kembangnya rawan akan penyakit berbahaya.

Mengolah sarang lebah sebagai makanan berkhasiat menyembuhkan sinusitis.

Sarang lebah memang bisa diolah menjadi bahan makanan. Biasanya bagian sarang lebah yang muda disukai banyak orang, ada yang memakannya secara langsung tanpa diolah. Namun lebih sering orang mengolahnya dengan memasak terlebih dulu, sebelum mengkonsumsinya.

Salah satu yang sering dilakukan orang adalah mengolah sarang lebah menjadi botok. Ini sejenis makanan yang diolah dengan campuran rempah-rempah, dibungkus dengan daun pisang dan dikukus sampai matang. Biasanya bisa dikonsumsi dengan nasi, karena sangat gurih dijadikan sebagai lauk-pauk. Pengolahan sarang lebah menjadi makanan ini bisa berkhasiat menyembuhkan sinusitis. Jauh lebih baik bila bisa dilakukan daripada melakukan operasi dalam penyembuhan sinusitis.

Memang perlu konsultasi dengan bagian medis tentang pengobatan sinusitis, namun banyak penderita sinusitis yang mendapatkan manfaat positif dari sarang lebah ini. Anda tetap harus berkunjung ke dokter untuk mendapatkan kemajuan dari pengobatan yang anda lakukan. Sinusitis memang bukan penyakit biasa, biasanya bila flu anda tidak kunjung sembuh, waspadai kemungkinan sinusitis, dan kemungkinan terbaik memeriksakan ke dokter. Meskipun anda bisa mencoba menggunakan propolis atau sarang lebah untuk mengatasi sinusitis tersebut.  
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger