Jeruk Nipis Obat Batuk Alami

Batuk memang sangat mengganggu, tidak saja pada penderitanya, juga orang di sekitarnya bisa terganggu dengan batuk ini. Biasanya dengan minum obat batuk bisa meredakan gejala batuk ini. Namun pada batuk yang sekedar gejala atau symptom, selama tidak diselesaikan penyebabnya batuk akan kembali timbul atau berulang.

Pada batuk yang berulang biasanya orang akan memakai berbagai macan jenis obat batuk. Padahal ini bisa berdampak negatif bagi organ tubuh kita, karena masuknya berbagai jenis obat membebani kerja organ di dalam tubuh. Maka obat batuk alami sangat disarankan, dengan pertimbangan memiliki pengaruh atau dampak yang aman bagi organ tubuh.

Salah satu obat batuk alami yang bisa digunakan adalah jeruk nipis. Memang jeruk nipis tergolong buah-buahan, namun dalam fungsinya lebih banyak digunakan untuk ramuan masakan atau sebagai bumbu di dapur. Jeruk nipis mudah didapat dan harganya murah, biasanya di pasar tradisional maupun modern jeruk nipis ini tersedia dalam bentuk buah segar.

Ramuan jeruk nipis dan jahe untuk obat batuk alami.

Sudah sejak jaman dahulu orang menggunakan ramuan jeruk nipis dan jahe untuk meredakan gejala batuk. Ramuan ini memiliki efek melegakan tenggorokan dan mengencerkan dahak yang menyebabkan tenggorokan terasa gatal. Biasanya ramuan ini dibuat dalam komposisi hangat, sehingga lebih menambah efek melegakan tenggorokan.

Jeruk nipis diambil airnya, baik dengan cara diperas atau menggunakan mesin blender. Kemudian dicampur dengan sari jahe yang sudah dalam bentuk bubuk atau jahe segar. Sedikit gula bisa ditambahkan untuk menambah rasa pada ramuan ini. Namun bila anda bisa meminumnya tanpa gula akan lebih baik lagi.

Biasanya ramuan jeruk nipis dan jahe ini bisa dikonsumsi sampai gejala batuk mereda. Namun penyebab batuk harus disembuhkan dulu, bila karena suatu penyakit, maka penyakit tersebut harus diobati dulu. Bila batuk karena makan gorengan, maka seharusnya makanan gorengan dihindari untuk sementara waktu, sampai batuk mereda.

Ramuan jeruk nipis dan madu untuk meredakan batuk.

Jeruk nipis juga bisa diramu dengan madu untuk meredakan gejala batuk. Biasanya anak-anak sangat menyukai rasa madu yang manis ini. Tapi yang digunakan sebaiknya madu yang asli, karena beberapa produk madu olahan tercampur dengan bahan pemanis yang bisa memperparah gejala batuk.

Beberapa bahan pemanis yang tidak alami memang bisa menyebabkan batuk. Terutama pada anak-anak yang menyukai makanan manis, madu yang tidak alami akan menambah gejala batuknya. Jika tidak mendapatkan madu alami, bisa digunakan kecap sebagai pengganti madu.

Jeruk nipis diambil airnya dan dicampur dengan satu sendok madu untuk sebuah ramuan pereda batuk. Ramuan ini bisa digunakan dalam bentuk encer, sebagai minuman penyegar tenggorokan. Namun bila ingin khasiat yang menyegarkan tenggorokan, bisa disajikan dalam bentuk lebih kental, seperti sebuah obat batuk pada umumnya. Biasanya anak-anak lebih menyukai rasa minuman jeruk nipis yang menyegarkan.

Ramuan jeruk nipis dengan kencur untuk meredakan gejala batuk.

Jeruk nipis bisa disandingkan dengan kencur dalam meredakan gejala batuk. Hal ini karena keduanya memiliki efek yang sama dalam melegakan tenggorokan. Kombinasi keduanya memiliki manfaat ganda sebagai pereda gejala batuk.

Ramuan jeruk nipis dan kencur ini biasanya diramu dalam bentuk minuman. Para penjual jamu biasanya menggunakan ramuan ini sebagai produk yang mereka jual di pelanggannya. Khasiatnya dalam meredakan batuk sudah diketahui oleh banyak orang. 

Namun saat berusaha meredakan gejala batuk, tetap harus diobati dulu penyebabnya. Hubungi bagian medis untuk mengobati penyebab dari batuk anda tersebut. Karena bagaimanapun batuk hanya sebuah gejala, selalu ada penyebab batuk di belakangnya. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger