Khasiat Aloe Vera

Banyak yang mengenal aloe vera atau lidah buaya sebagai tanaman yang banyak manfaatnya. Aloe vera dikenal luas oleh industri kosmetik sebagai komponen dasar produk mereka, mulai dari produk perawatan rambut, penghalus kulit, pemutih kulit, hingga pelindung kulit. Aloe vera memiliki khasiat yang sebenarnya lebih dari sebuah bahan bagi produk kosmetik.

Meskipun banyak juga yang melirik aloe vera atau lidah buaya sebagai bahan makanan atau produk makanan pabrikan, karena memang lidah biaya ini bisa diolah menjadi sesuatu yang enak dimakan. Namun sebenarnya ada banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Aloe vera atau lidah buaya ini bila dikonsumsi sebagai makanan bisa menjaga kesehatan tubuh dan menghindarkan diri dari beberapa macam penyakit. Tentunya lidah biaya ini harus diolah dulu sebelum dikonsumsi.

Aloe vera memang tanaman berair, artinya memiliki kandungan air yang tinggi, yang tersimpan di daun lidah buaya ini. Beberapa penelitian mengidentifikasi kandungan dari aloe vera ini terdiri dari beragam vitamin, mineral dan protein, yang memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Komponen beragam dari aloe vera ini dianggap memiliki banyak khasiat yang beragam, tergantung pada khasiat dari masing-masing komponen aloe vera.

Khasiat Aloe vera untuk menyuburkan rambut

Memang lidah buaya bisa digunakan untuk menyuburkan rambut. Biasanya daun lidah buaya yang sudah dewasa, atau memiliki gel yang lebih banyak, bisa diambil gelnya, lalu diulaskan ke seluruh rambut. Istilahnya gel lidah buaya ini bisa digunakan untuk bahan keramas rambut.

Bila hal ini dilakukan secara rutin, komponen dari aloe vera ini dikenal berkhasiat menyuburkan rambut. Bahkan bisa menghitamkan rambut menjadi hitam legam, karena rambut tumbuh subur dan berwarna penuh. Khasiat ini sudah lama dikenal dan dipraktekan oleh banyak orang.

Khasiat aloe vera  dalam perawatan kulit

Sebenarnya aloe vera sering digunakan untuk mengobati kulit yang gatal akibat gigitan serangga. Ada khasiat anti alergi atau anti bakteri dalam menyembuhkan kulit yang gatal, namun aloe vera juga bisa digunakan untuk mengobati luka gores atau luka terkena benda tajam. Lebih sering saat ini aloe vera digunakan untuk perawatan kulit.

Aloe vera bisa menghaluskan kulit, komponen dalam lidah buaya ini memiliki khasiat meremajakan kulit. Banyak juga yang memanfaatkan lidah buaya untuk menyembuhkan jerawat, terutama pada jerawat yang sedang meradang. Biasanya jerawat akan cepat mereda saat diolesi gel lidah buaya ini.

Khasiat lidah buaya dalam menurunkan gula darah

Tanaman lidah buaya ini dikenal sejak lama memiliki komponen penurun gula darah. Seperti pada penyakit kencing manis atau diabet, sering kadar gula darah menjadi tidak terkontrol, maka lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah. Meskipun pemakainan lidah buaya untuk dikonsumsi masih membutuhkan pengolahan lebih lanjut.

Memang aloe vera bisa digunakan sebagai bahan makanan, seperti jelly atau bahan sari buah. Biasanya makanan dari kandungan lidah buaya inilah sangat aman bagi penderita diabet. Sudah tentu harus dikombinasikan dengan makanan lainnya dan pengobatan diabet secara medis.

Khasiat aloe vera dalam menyembuhkan penyakit dalam

Meskipun masih memerlukan penelitian yang lebih lengkap, lidah buaya sebenarnya memiliki khasiat penyembuhan pada beberapa penyakit dalam. Mungkin komponen yang terkandung dalam lidah buaya berkhasiat positif pada beberapa penyakit dalam. Namun perlu kombinasi lebih luas dengan pengobatan penyakit dalam yang sedang dijalankan.

Penggunaan lidah buaya untuk pengobatan tetap membutuhkan langkah medis yang terukur, sehingga diperoleh hasil yang optimal. Lidah buaya tetap merupakan tanaman pelengkap yang memiliki banyak khasiat. Sebaiknya konsumsi saja lidah buaya secara rutin, pastinya akan meningkatkan kesehatan secara optimal.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger