Khasiat Sirih Merah

Tanaman sirih merah adalah tumbuhan merambat dengan warna indah di daunnya, sehingga sering dijadikan tanaman pagar. Namun lebih sering tanaman sirih merah ini dijadikan sebagai bahan pengobatan. Ada banyak khasiat yang dimiliki oleh tanaman sirih merah ini, sehingga sangat pantas menjadi bagian dari apotik hidup di halaman rumah.

Tanaman sirih merah ini juga cukup mahal diperdagangkan oleh penjual bunga. Harganya sih masih di kisaran di bawah 100 ribu, masih kalah mahal dengan beberapa tanaman hias lainnya. Namun bila dikaitkan untuk pengobatan, maka harga tanaman sirih merah ini terbilang mahal. Hal ini karena untuk pengobatan, sirih merah harus dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan tokcernya khasiat sirih merah. Meskipun daun sirih merah bisa tumbuh, tapi tetap kalah cepat dengan kebutuhan untuk pengobatan.

Banyak yang menghubungkan khasiat tanaman sirih merah ini dengan penyakit dalam, seperti kencing manis atau diabetes, asam urat, kolesterol, batu ginjal, stroke, dan beberapa penyakit dalam lainnya. Beberapa orang juga memperoleh manfaat untuk pengobatan mata dan berguna untuk mempercantik kulit. Beragamnya khasiat dari sirih merah ini membuat tanaman ini semakin dicari orang untuk pengobatan.

Khasiat sirih merah untuk kencing manis

Kencing manis yang sering dikenal dengan diabetes adalah penyakit degenerasi, sering dialami oleh orang lanjut usia. Ketidakmampuan tubuh dalam hal ini pankreas yang memproduksi insulin, sehingga kadar gula dalam darah tidak terkontrol. Hal ini sering berakibat komplikasi serius pada organ dalam tubuh. Disini daun sirih merah bisa digunakan untuk menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

Biasanya dua atau tiga lembar daun sirih merah direbus dan diminum airnya untuk menstabilkan kadar gula darah. Namun hal ini harus dikombinasikan dengan pengobatan modern, yaitu dengan mengecek kadar gula darah secara reguler. Tetap saja perlu diketahui perkembangan dari kadar gula darah ini agar bisa dikontrol lonjakannya.

Sama seperti pengobatan kencing manis secara modern, obat-obatannya harus diberikan secara rutin agar kadar gula darah terkendali. Daun sirih merah juga harus dikonsumsi secara rutin dan teratur, kemudian dikontrol dengan pengecekan kadar gula darah. Kombinasi pengobatan kencing manis ini akan memaksimalkan khasiat dari daun sirih merah.

Khasiat sirih merah untuk asam urat

Penyakit asam urat sering dihubungkan dengan nyeri sendi di kaki atau tangan. Penyakit ini akibat berlebihnya kadar asam urat dalam darah. Biasanya dengan pengecekan secara laboratorium didapat kadar asam urat di atas 7 mg.dl. Dalam kondisi ini penderita merasa terganggu dengan linu atau nyeri sendi. Daun sirih merah dua sampai tiga lembar bisa digunakan untuk meredakan nyeri sendi ini, meskipun ada yang mengatakan sirih merah ini bisa menurunkan kadar asam urat.

Namun saat melakukan pengobatan asam urat harus dilakukan secara menyeluruh, karena penyakit asam urat adalah penyakit komplek. Harus dikombinasikan dengan layanan medis untuk mengontrol kadar asam urat dalam darah. Disini ada gunanya untuk mengecek perkembangan kadar asam urat, agar bisa dikendalikan kadar asam urat ini.

Khasiat sirih merah untuk meredakan kolesterol

Penyakit kolesterol adalah penyakit yang berhubungan dengan berlebihnya kadar kolesterol dalam darah, yang bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh. Kolesterol yang berlebih bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kardiovaskuler. Maka disini daun sirih merah bisa digunakan untuk meredakan kadar kolesterol.

Namun tetap saja perlu tata laksana menyeluruh dalam mengontrol kadar kolesterol. Seperti memperbaiki asupan makanan dengan konsumsi makanan yang sehat. Juga harus dikombinasikan dengan memperbaiki pola hidup yang sehat.  
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger