Khasiat Tanaman Serai untuk Sesak Nafas

Sesak nafas sering menyerang secara mendadak dan membuat tubuh menjadi merasa sangat tidak enak. Mau tidur susah, mau duduk susah, mau melakukan apapun juga susah, biasanya orang sesak nafas kesulitan untuk menarik nafas secara dalam. Sehingga kondisi tubuhnya menjadi lemah karena oksigen tidak dihirup secara maksimal. Kondisi ini ternyata bisa diatasi dengan tanaman serai.

Tanaman serai adalah sejenis rempah-rempah atau bumbu dapur yang biasa digunakan untuk memasak. Fungsi utama tanaman serai ini biasanya untuk memberi bau yang wangi pada berbagai masakan dan memberi rasa yang sedap. Maka bila sering menggunakan serai saat memasak keluarga akan terhindar dari serangan sesak nafas ini.

Meskipun sesak nafas bisa disebabkan oleh banyak faktor, bisa karena asma, alergi, sakit paru, stress dan radang di bronkus. Pada sesak nafas yang tidak terlalu berat, biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa menimbulkan efek samping. Hanya bila terjadi serangan sesak nafas yang berat, tubuh bisa jatuh pada keadaan hipoksia, biasanya ada tanda pucat di kulit tubuh. Kondisi ini bila berlangsung lama dapat menurunkan kondisi penderita sesak nafas ini.

Tanaman serai bermanfaat mencegah dan meredakan sesak nafas

Memang belum ada penelitian yang menyeluruh antara tanaman serai dan manfaatnya dalam mengatasi sesak nafas. Namun beberapa tabib atau herbalis sudah menggunakan tanaman serai ini untuk mengatasi sesak nafas. Tanaman ini bisa dikonsmsi secara regular sebagai bumbu masak dalam masakan anda sehari-hari.

Biasanya beberapa jenis sayuran yang bersantan sangat cocok bila dikonbinasikan dengan daun serai ini. Bila memang direncanakan untuk pencegahan 5 batang serai bisa digunakan bersama masakan sayuran bersantan ini, biasanya sih 2 helai batang serai digunakan untuk memasak. Inipun sudah cukup untuk membuat masakan menjadi sedap dan mencegah bagi yang mengkonsumsinya terkena sesak nafas.

Namun bila direncanakan untuk pengobatan, maka 10 batang serai bisa direbus bersama dua gelas air. Lalu rebus sampai air yang tersisa menjadi satu gelas. Biasanya waktu yang terbaik untuk meminum rebusan batang serai ini pada pagi hari. Namun bila belum terbiasa dengan rebusan batang serai ini bisa ditambahkan gula merah, sebagai penyeimbang rasa.

Serangan sesak nafas harus dikelola dengan baik

Meskipun sesak nafas ringan bisa reda tanpa efek yang tersisa, tetap saja perlu tata laksana menyeluruh dalam mengatasi sesak nafas. Disini perlu berkonsultasi dengan layanan medis untuk pengelolaan serangan sesak nafas ini. Harus dicari penyebab dari sesak nafas dan cara mengatasi penyebab dari sesak nafas ini.

Ada serangkaian pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui jenis dan penyebab dari sesak nafas. Bisa karena alergi, asma, stress, dan masih banyak penyebab yang lain. Tiap penyebab sesak nafas akan menentukan tindakan yang tepat dalam mengatasi sesak nafas secara tepat. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger