logo blog
Selamat Datang Di Detipso
Terima kasih atas kunjungan Anda di Detipso,
semoga bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Khasiat Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai bumbu masak pokok yang selalu ada dalam masakan. Bawang putih memiliki banyak manfaat yang tersembunyi, sehingga wajar pemakaiannya dalam setiap masakan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa penelitian banyak yang menghubungkan bawang putih dengan khasiatnya untuk menurunkan kolesterol, namun banyak juga yang menghubungannya dengan peningkat daya tahan tubuh.

Banyaknya khasiat yang tersembunyi dari bawang putih memang menimbulkan efek lain, karena konsumsi bawang putih yang berlebihan juga menimbulkan bau yang tak sedap. Bau ini sering menyatu dengan keringat atau bau di mulut, walhasil harus diupayakan cara kompromi dalam mengkonsumsi bawang putih. Mungkin tidak memakannya secara berlebihan, atau mengkonsumsinya dalam dosis kecil, namun secara teratur.

Memang akan ada selalu jalan untuk mendapatkan khasiat dari bawang putih ini, dan menghindari efek samping yang ditimbulkan dari bawang putih. Para peneliti atau farmakolog biasanya mengekstrak unsur yang dibutuhkan atau yang diperlukan dan mengesampingkan unsur atau komponen yang menimbulkan efek samping. Namun dalam kehidupan sehari-hari konsumsi dalam keadaan standar, sudah cukup menghindari efek sampingnya, sekaligus mendapatkan manfaat dari bawang putih ini.

Bawang putih berkhasiat menurunkan kolesterol

Sudah sejak lama bawang putih dikenal bisa menurunkan kolesterol, bawang putih biasa dicampurkan dalam setiap masakan, baik itu digoreng maupun direbus. Bawang putih bisa menangkal unsur kolesterol yang biasanya menempel di dinding pembuluh darah. Namun tidak unsur kolesterol yang sudah menempel secara dalam di dinding pembuluh darah.

Penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah memang menjadi masalah serius pada berbagai penyakit kardiovaskular. Seperti penyakit stroke, iskemia, serangan jantung atau angina, atherosclerosis, yang bisa menjadi serius bila dibiarkan. Biasanya bawang putih cukup dimemarkan sudah bisa diperoleh khasiatnya saat dicampurkan sebagai bumbu dalam masakan. Tidak perlu mengkonsumsi bawang putih secara langsung, karena hanya akan menimbulkan efek bau badan maupun bau mulut yang kurang sedap.

Bawang putih berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh

Meskipun ini sudah lama dilakukan orang sejak dari jaman dahulu kala, namun ini sering diabaikan orang. Dulu orang menggunakan bawang putih sebagai antibiotik alami. Yaitu sebagai obat ntuk mengatasi infeksi atau penyakit akibat serangan bakteri atau kuman. Bawang putih bisa membantu sel darah putih dalam menghadapi kuman atau bakteri yang masuk dalam tubuh.

Namun penemuan beberapa antibiotika modern, dan pemakaian antibiotika yang sembarangan sering membuat khasiat bawang putih ini berkurang. Hal ini karena akibat resistensi beberapa jenis penyakit terhadap antibiotika, sehingga banyak khasiat alami bawang putih menjadi mandul. Namun bawang putih tetap bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat sel darah putih dalam menghadapi beberapa penyakit.

Cukup dengan menggunakan bawang putih ke dalam masakan sehari-hari, maka sudah bisa memperoleh manfaat atau khasiat dari bawang putih dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Misal dengan mencampur bawang putih ke dalam gorengan atau bumbu untuk masakan yang direbus. Cukup dengan mememarkan bawang putih dan dicampur ke dalam masakan, maka khasiatnya sudah bisa didapatkan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Selamat datang di detipso kami sedang melakukan survey untuk memperbaiki layanan web kami teruskan logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger
-->