Sinar UV Memperpanjang Umur Strawberry

Mungkin ini penemuan yang tidak penting, namun memiliki efek yang besar dalam penyimpanan berbagai jenis buah-buahan di lemari es. Memang beberapa buah, seperti buah strawberry mudah membusuk, meskipun disimpan di lemari es. Keadaan ini terjadi karena lemari es yang gelap, malah mempercepat pembusukan buah-buahan.

Penelitian yang dilakukan ilmuwan di departemen pertanian Amerika menemukan adanya efek kesegaran yang lebih lama atau umur strawberry lebih lama saat disinari sinar ultra violet di dalam lemari es. Sinar UV yang merupakan komponen alami dari matahari memang memiliki efek memperpanjang kesegaran buah-buahan. Namun ini tidak di luar lemari es, karena saat sinar UV diberikan di luar lemari es, buah strawberry menjadi lebih cepat mongering.

Penemuan ini memang menimbulkan kontroversi, karena banyak yang melihat unsur tidak alami dalam pengolahan buah-buahan. Banyak yang melihat mengkonsumsi buah-buahan dalam kondisi segar adalah yang terbaik. Namun sebuah pertanyaan lain tentunya akan mengecewakan, bagaimana bila strawberry yang dimiliki begitu banyak dan tidak habis, maka tetap saja metode penyimpanan yang tepat akan memperpanjang usia buah strawberry. Demikian juga dengan buah-buahan lainnya, pasti kalau bisa jangan cepat membusuk, sehingga tidak ada pemborosan dalam penyimpanan strawberry.

Buah strawberry yang mendapatkan sinar UV di dalam lemari es bisa memperpanjang usia kesegarannya menjadi 9 hari. Suatu jangka waktu yang cukup untuk menghabiskan stok buah-buahan di lemari. Andai harus belanja seminggu sekali, ini akan memudahkan dalam konsumsi buah-buahan, tanpa harus khawatir untuk membusuk.

Lebih segar lebih baik

Meskipun ada perbedaan dalam melihat kesegaran sebuah buah-buahan, tetap saja prinsip alami menjadi pilihan. Kalau bisa mendapatkan kesegaran buah-buahan langsung dari pohon, tentunya akan lebih baik lagi. Ini bila dibandingkan bila mendapatkan buah-buahan dari lemari es setelah dua atau sembilan hari.

Buah-buahan yang segar secara alami tetap memiliki nilai gizi maupun kesegaran yang tidak tergantikan oleh proses apapun. Penggunaan cara mekanikal dalam memperpanjang kesegaran buah-buahan memang untuk tujuan industri. Berapa nilai uang yang bisa diselamatkan saat buah-buahan bisa diperpanjang kesegarannya. Namun untuk tujuan konsumsi dan kesehatan, buah yang segar alami tetap yang terbaik.

Efisiensi penyimpanan buah-buahan

Mungkin penemuan efek penyinaran sinar UV pada buah strawberry ini bisa meningkatkan efisiensi dlam penyimpanan buah-buahan. Pasti akan ada revolusi dalam industri makanan untuk penyimpanan buah-buahan agar usia kesegarannya menjadi lebih lama. Meskipun buah yang segar alami tetap yang terbaik, namun penyimpanan yang terbaik bisa menghemat biaya yang bisa hilang saat kesegaran buah tersebut habis.

Mungkin tidak akan ada lagi membuang buah-buahan yang busuk ke tempat sampah, karena buah-buahan akan tahan lebih lama. Mungkin akan ada perbedaan di harga buah yang segar alami, dengan buah yang segar di lemari es. Perbedaan ini akan meningkatkan efisiensi, tanpa harus merugikan penikmat buah-buahan segar.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger