Menanam Melati

Bunga melati memiliki banyak manfaat, sehingga sangat layak untuk ditanam di kebun maupun halaman rumah, bahkan bila diseriusi bisa menjadi bisnis yang menarik. Bunga melati memang sangat komersial, bunga yang harum baunya dan indah bentuk maupun warnanya sangat dicari orang, baik untuk rias pengantin, dekorasi tempat pesta, tabur bunga maupun untuk industri kosmetika. Mereka sering menggunakan bunga melati sebagai komponen pewangi maupun campuran produk kosmetika lainnya.

Bunga melati memang mudah ditanam, tanaman ini selama ditanam di daerah tropis akan tumbuh subur. Memang syaratnya tanaman melati harus mendapat sinar matahari yang cukup, meskipun pengairan juga sangat penting. Musim hujan adalah saat yang disukai oleh tanaman melati, saat bunganya bersemi, meskipun sering tidak mengenal musim, karena musimpun juga semakin tidak tentu.

Tanaman melati juga mudah dikembangbiakan, saat sudah memiliki tanaman melati yang sudah matang atau dewasa, maka akan mudah untuk memperbanyak tanaman melati. Umumnya yang tercepat dengan melakukan stek, meskipun bisa pula dengan melakukan penyemaian bijinya. Namun lebih sering kurang bisa mengontrol kualitas tanaman melati. Banyak yang lebih memiliki dengan cara stek, karena selain lebih mudah, lebih cepat, juga bisa mempertahankan kualitas sesuai dengan induknya.

Biasanya tanaman melati yang sudah setahun melalui proses tumbuhnya bunga, akan sangat tinggi nilainya. Apalagi bila memiliki jenis yang bagus, baik dari bentuk maupun wanginya akan bisa dijadikan indukan yang sangat komersial. Beberapa bisa menakar kualitas induk ini menjadi beberapa bibit yang bisa tumbuh dengan bunga yang berkualitas bagus.

Menyiapkan bibit melati

Bila belum memiliki indukan melati, maka belilah di toko bunga yang tentunya tanaman melati yang sudah berbunga. Ini agar bisa diketahui kualitas tanaman melati, sekaligus bisa dilakukan stek pada tanaman ini. Tentunya bila kondisi batangnya sudah dewasa, dan memiliki percabangan yang cukup banyak.

Meskipun melati bisa disemaikan bijinya untuk mendapatkan bibit, namun ketidakjelasan kualitas bibit membuat model stek lebih disukai. Cara melakukan stek bisa dengan beberapa cara, umumnya dengan memilih cabang yang sudah banyak daunnya, sehingga perakarannya akan berlangsung cepat. Batang cabang yang akan distek dikupas, kemudian diberi campuran media tanam tanah dan kompos dengan perbandingan 1:1. Lalu dibungkus dengan plastic atau serabut kelapa, biasanya banyak yang menyukai serabut kelapa, karena mudah dalam pengairan atau menjaga kelebaban media stek tadi.

Cara lain dalam melakukan pembibitan melati, bisa dengan menanam dahan yang rendah atau menjorok dekat dengan tanah. Dahan tersebut bisa ditimbung dengan campuran media tanam untuk mempercepat proses pengakaran. Biasanya butuh 1 sampai 2 bulan dahan yang dibuat bibit tadi sudah bisa dipotong dan dipindahkan ke media tanam.

Menyiapkan media tanam untuk tanaman melati

Sebenarnya tanaman melati mudah tumbuh pada jenis tanah apapun, asalkan subur dan gembur, baik sedikit berpasir sampai agak liat tanahnya. Hanya tanaman melati akan tumbuh baik bila media tanam sudah memiliki kelengkapan unsur hara dan nutrisi yang tepat. Biasanya campuran sederhana antara tanah dan kompos sudah cukup untuk menanam melati.

Tanaman melati bisa ditanam di pot atau di kebun, masing masing memang memiliki karakter tersendiri. Inipun harus disesuaikan dengan jenis melati maupun lokasi tempat penanaman. Ada beberapa jenis melati yang tumbuh subur di dataran rendah, namun tidak optimal di dataran tinggi. Bisa jadi pengaruh sinar matahari sangat krusial bagi pertumbuhan tanaman melati.

Merawat tanaman melati

Meskipun melati adalah sejenis tanaman hias, tentunya masa berbunga adalah saat yang akan ditunggu maka perlu perawatan yang baik agar tanaman melati bisa berbunga dengan rimbun. Ada beberapa masa bila tanaman melati dibiakan dari steknya, mulai masa tumbuhnya daun, percabangan yang semakin banyak. Kondisi ini bisa dipicu dengan penyiraman yang teratur dan pemupukan yang tepat.

Meskipun kadang dengan penyiraman saja sudah cukup, namun tidak akan tumbuh cepat tanpa pemupukan yang tepat. Pupuk kompos maupun pupuk kandang bisa menjadi alternatif untuk pertumbuhan daun dan percabangan yang cepat. Baru saat melati mulai berbunga perlu diberi perangsang tumbuhnya bunga yang banyak tersedia di toko bunga atau toko pertanian, seperti sejenis cycocel, ethereal dan beberapa jenis lainnya. Biasanya ini sangat baik bagi yang memproduksi bunga melati untuk tujuan komersial.   
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger