Bahaya Pestisida

Memang siapa yang tidak nelangsa saat gagal panen, seperti padi yang terserang hama wereng biasanya sangat sulit bertahan hidup. Biasanya kerugiannya bisa jutaan, maka banyak yang mengambil jalan pintas dengan menggunakan peptisida untuk memberantas hama serangga ini. Namun sebenarnya pestisida ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

Sudah banyak kasus yang menyebabkan penggunaan pestisida harus dibatasi, bahkan dilarang. Pestisida memang sangat ampuh dalam memberantas hama tanaman, tidak itu saja tanaman liar juga bisa diberangus secara cepat dengan pestisida. Namun dibalik kelebihan pestisida ini ada kekurangan yang sangat buruk dimiliki oleh pestisida, yaitu pestisida tidak larut oleh apapun dan akan mengendap dimanapun berada.

Akibatnya bila pestisida mengenai tanah, akan menyebabkan tanah tersebut tercemar. Apapun yang ditanam di tanah itu akan ikut tercemar dan pestisida akan masuk ke tanaman, daun serta buah-buahan. Tidak itu saja pestisida ini akan terus bergerak, bila manusia mengkonsumsi buah-buahan tercemar pestisida, maka pestisida akan masuk ke tubuh manusia dan bisa menyebabkan berbagai penyakit kanker.

Biasanya sih saat awal tercemar pestisida hanya seperti gejala kelainan di organ pencernaan. Memang dalam kadar kecil hanya bikin pusing, mual, muntah. Namun saat terkoleksi akan menyebabkan kanker untuk jangka lama, maupun kematian untuk jangka pendek akibat titik ambang pestisida yang naik di dalam tubuh.

Pestisida mencemari lingkungan

Apapun jenisnya pestisida memang ampuh dalam membasmi serangan maupun tanaman pengganggu bagi pertanian. Namun sifatnya yang tidak larut memang membuat lingkungan menjadi tercemar. Jadi penggunaan pestisida untuk apapun harus dihindari, banyak jenis pembasmi hama yang organik yang bisa digunakan, yang bisa larut dalam media apapun.

Memang gagal panen akibat hama sangat merugikan, namun tidak berarti mengorbankan jangka panjang untuk tujuan sesaat. Pestisida lebih dari jenis bom waktu apapun jenisnya, akan merusak dimanapun berada. Pestisida hanya bisa digunakan di tempat yang ditampung dan selamanya tidak bisa dibuang ke lingkungan sekitar.

Pestisida merusak kesehatan manusia

Penggunaan pestisida untuk membasmi hama tanaman memang merugikan kesehatan manusia. Sifatnya yang tidak larut akan terbawa di tanaman, daun dan buah hasil panen, sampai dikonsumsi oleh manusia, pestisida akan masuk seperti kadar saat digunakan membasmi hama. Tidak ada yang berkurang, bahkan pestisida akan terkoleksi di dalam tubuh.

Sudah banyak kejadian yang mencatat akan buruknya akibat dari penggunaan pestisida. Ini memang harus selalu diingatkan, karena saat manusia putus asa akan hama wereng yang sulit dibasmi, ada saja yang gelap mata dan kembali menggunakan pestisida. Ingat bahayanya akan terus menurun pada anak cucu kita, jadi jangan sekali-kali menggunakan lagi pestisida.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger