Cara Termudah Bertindak Ramah Lingkungan

Memang tidak ada buruknya bertindak ramah lingkungan, meskipun banyak yang bilang ramah lingkungan itu mahal. Justru akan banyak kekayaan alam yang bisa dihemat dengan berlaku ramah lingkungan, terutama kekayaan alam yang tidak terbaharuhi. Saat ini memang krisis dan perlu menghemat berbagai sumber kekayaan alam.

Sebenarnya sangat mudah untuk melakukan ini, terutama dimulai dari rumah. Seperti menghemat penggunaan listrik, mengolah sampah adalah hal kecil yang bila dilakukan oleh semua bisa menghemat banyak kekayaan alam. Langkah ramah lingkungan juga tidak sulit, hanya merubah kebiasaan yang keliru sering sulit sekali.

Menggunakan alat rumah tangga yang hemat energi

Banyak tersedia di berbagai merek dan produk alat rumah tangga yang hemat energi, bisa mulai dari kulkas, lampu hemat energi, AC, kipas angin, mesin cuci adalah alat rumah tangga yang sering digunakan sehari-hari. Penggunaan alat rumah tangga yang baru jelas lebih irit listrik karena dengan teknologi yang baru.

Memang terlihat konsumtif, bukankah yang lama masih bisa dipakai. Namun alat rumah tangga yang lama, apalagi diatas lima tahun memiliki teknologi yang lama dan rata-rata boros listrik. Memang akan mengeluarkan uang besar dengan belanja alat baru, namun akan menghemat anggaran bulanan, juga hemat listrik secara lebih besar.

Kurangi penggunaan alat pendingin

Produk pendingin ruangan memang diperlukan,namun tidak dengan ukuran maksimum. Buat sedikit di rata-rata, maka akan menghemat pemakaian listrik dan masih bisa membuat dingin ruangan. Bila terbiasa di ukuran 27, maka bisa dinaikan di 29 atau 30, cara ini sudah cukup besar bagi penghematan kekayaan alam untuk menggerakan listrik.

Demikian pula bila menggunakan kipas angin, lebih baik letakan lebih dekat dengan obyek. Juga dengan kecepatan yang terendah,cara ini selain sudah cukup bagi kondisi tubuh, juga bisa menghemat pemakaian listrik. Mungkin sekali tidak terasa, namun akan menghemat dalam jumlah besar bila menyangkut angka yang lebih besar.

Gunakan air secara efektif

Apa salahnya menampung air yang terpakai untuk membersihkan mobil atau sepeda, toh pada bilasan terakhir bisa digunakan air bersih. Ini menyangkut cadangan air bersih yang berkurang, juga semakin mahalnya pengolahan air bersih ini. Begitu banyak yang diboroskan dari penggunaan air yang tidak efisien.

Rubah kran kamar mandi dan di dapur dengan kran shower yang lebih menghemat pemakaian air. Setetes air juga sangat bermakna bila dihemat secara terus menerus, maka pastikan kran air tertutup rapat. Banyak yang begitu tergesa hingga tidak peduli kran air tertutup rapat atau belum, tahu-tahu air di tandon sudah kosong. Ini jelas tidak efektif dan memboroskan penggunaan air.

Jangan gunakan larutan pembersih kimia

Ada banyak produk pembersih yang sangat bagus kualitasnya, namun bukan yang berbahan kimia. Produk pembersih yang berbahan kimia akan sulit dilarutkan dan mencemari air tanah. Ini jelas akan membutuhkan pengolahan air menjadi lebih mahal bila air tersebut diolah lagi menjadi air bersih.

Justru lebih baik gunakan larutan pembersih yang larut dalam air, dan buka berbahan dari kimia. Banyak produk pembersih yang berasal dari alam yang sangat cespleng dalam membersihkan barang-barang di rumah, seperti penggunaan larutan lemon untuk membersihkan piring. Ini jauh lebih baik dari penggunaan detergen.

Gunakan daur ulang produk

Ada banyak produk daur ulang yang sangat mudah didapat dan sangat menghemat penggunaan kekayaan alam. Seperti daur ulang kertas sangat bagus dalam menghemat penggunaan kertas dari pohon hutan alam. Ini banyak tersedia dan bila dipakai juga akan sama fungsinya dengan kertas yang berasal dari pohon hutan.

Demikian pula kardus atau pembungkus yang banyak berasal dari daur ulang. Juga hindari penggunaan plastic yang hanya akan mencemari lingkungan dan sulit dicerna oleh tanah. Gunakan pembungkus dari kertas yang sudah tidak terpakai bisa menghemat atau menambah fungsi kertas secara maksimal.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger