Kelebihan Kompos dari Pupuk Kimia

Saat pupuk kima sulit dicari, maka kompos bisa menggantikan fungsi pupuk kimia. Harga kompos yang murah membuatnya menjadi barang idaman bagi para garderner maupun peminatnya. Memang bila dibandingkan dengan pupuk kimia sangat beda jauh harganya, juga bisa menjadi gratis bila kompos tersebut diolah dari sampah rumah tangga.

Kelebihan lainnya tentunya soal kompos yang ramah lingkungan, kompos memang didapat dari bagian yang terurai sehingga lebih alami. Untuk aplikasi pada tanaman lebih cepat menyatu tanpa menarik organisme lain yang berbahaya bagi tanaman. Boleh diperdebatkan bahwa pupuk kompos tidak mengundang hama tanaman ke tumbuhan tersebut.

Ini memang masih menjadi isu penting, saat para petani mendiskusikan lahan pertanian yang habis terkena hama. Suatu hal yang tidak pernah dialami saat tidak menggunakan pupuk kimia. Memang sih dengan pupuk kimia tanaman bisa tumbuh cepat dan menghasilkan lebih banyak, namun hal inilah yang mungkin menarik minat hama tanaman. Soalnya hal ini tidak dialami saat bercocok tanam secara biasa tanpa pupuk kimia.

Ini tentunya perlu penelitian lebih lanjut, kenapa hama tanaman begitu menyukai tanaman yang habis menggunakan pupuk kimia. Sesuatu yang sangat kontra produktif bagi para petani, memang sih hasil panen akan lebih baik. Namun harus melalui perang yang tanpa akhir dengan hama tanaman.

Kompos lebih murah dari pupuk kimia

Ini tentunya kelebihan yang jelas dari sebuah kompos bila dibandingkan dengan pupuk kimia. Apalagi kompos yang diolah sendiri, bisa jadi paling murah, bahkan bisa gratis. Jelas ini sangat baik dalam menekan biasa produksi dilahan pertanian, efeknya bisa meningkatkan keuntungan dari cocok tanam tersebut.

Kompos memang mudah dibuat, dan bisa dilakukan sendiri dengan kuantitas maupun kualitas yang bagus. Pembuatan kompos juga tidak membutuhkan banyak biaya, paling beli EM4, namun banyak pula yang bisa bikin EM4 sendiri. Jadi boleh dibilang semua komponen produksi biayanya bisa ditekan sehingga menjadi sangat murah.

Kompos lebih alami dari pupuk kimia

Memang kompos berasal dari materi yang terurai, berasal dari alam dan kembali kea lam. Ini membuat kompos lebih cepat menyatu dengan komposisi tanah, suatu hal sangat bagus bagi pertumbuhan tanaman dan tentunya bagi hasil panen nantinya. Juga kompos adalah komponen tanah bukan komponen makanan sehingga tidak mengundang hama tanaman.

Ada beberapa perkiraan kenapa pupuk kimia yang tidak alami mengundang hama tanaman. Tentunya ini kembali ke materinya yang memang lebih menjadi makanan bagi tanaman, sehingga sangat mengundang hama tanaman. Lain dengan kompos yang memang berisi komponen tanah yang berguna bagi pertumbuhan tanaman, tanpa harus mengundang minat hama tanaman.

Kompos lebih ramah lingkungan

Sejak dari pembuatannya kompos berasal dari materi yang terurai oleh tanah, sehingga kompos melalui proses alami tanah. Kompos menjadi materi yang sangat baik dalam melengkapi komponen tanah secara alami. Kompos membuat tanah menjadi subur, tanpa menimbulkan efek mengundang organisme yang merusak tanaman.

Kompos begitu mudah menyatu dengan komponen tanah, melengkapi komponen tanah dan meningkatkan fungsi tanah. Bila dibandingkan dengan pupuk kimia memang memiliki fungsi sama, namun untuk kompos lebih ramah lingkungan. Tidak ada ekses yang bisa menimbulkan masalah baik bagi tanah maupun bagi tanaman.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger