Khasiat Brokoli

Brokoli adalah sejenis sayuran yang sangat lezat saat diolah menjadi salad, lalapan maupun cap jay yang disajikan hangat dan sedap rasanya. Namun dibalik rasanya yang gurih ini brokoli memiliki khasiat tersembunyi, dan mengejutkan banyak kalangan. Baru-baru ini peneliti dari Amerika menemukan kandungan sulforaphane dalam brokoli yang berkhasiat mencegah kanker kulit dan kulit terbakar.

Jadi brokoli bisa digunakan sebagai makanan yang berkhasiat mencegah kanker kulit maupun bisa diolah menjadi sunscreen yang berguna melindungi kulit dari sinar matahari. Namun sebenarnya brokoli juga memiliki banyak khasiat lainnya, sayuran ini sangat efektif pula dalam mengontrol kadar gula darah, sehingga menjadi menu favorit bagi penderita diabetes. Brokoli juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Memang bila dilihat lebih jauh brokoli adalah sayuran hijau yang mudah didapat dan murah harganya. Hanya sering diabaikan karena memang perlu mengolahnya menjadi makanan yang lezat. Padahal bisa dijadikan semacam lalapan, yang tak terlalu ribet dalam memasaknya.

Lagian brokoli juga gurih rasanya, pada penderita diabetes, sayuran ini bisa dimasak setengah segar. Bisa dengan disiram air panas dan dibiarkan untuk sesaat, sudah bisa dikonsumsi tanpa harus merebusnya. Ada khasiat penting pada brokoli yang membuat kadar gula darah bisa dikendalikan pada penderita diabetes.

Brokoli berkhasiat mencegah kanker kulit dan sebagai sunscreen alami

Bila ingin terlindung dari kanker kulit maka brokoli bisa dikonsumsi secara rutin. Sayuran ini mudah didapat, murah dan gampang cara memasaknya, rasanya juga sangat gurih. Bila tidak punya waktu untuk memasak, brokoli bisa disiram atau direndam dengan air panas, bisa dijadikan lalapan, dan menjadi makanan sampingan seperti sayuran.

Namun lebih baik lagi dimasak dengan beberapa sayuran lainnya, khasiatnya akan lebih baik bagi kesehatan tubuh. Brokoli juga bisa dibikin jus, lalu dijadikan masker di kulit untuk menjadi sunscreen alami dalam melindungi dari sinar matahari. Ini tentunya sangat cocok bagi yang sering terpapar sinar matahari atau yang suka berjemur di pantai.

Brokoli berkhasiat mengontrol kadar gula darah

Brokoli yang dimasak setengah matang bisa berkhasiat mengendalikan kadar gula darah. Memang agak terasa lebih keras, namun khasiat alaminya sangat baik bagi penderita diabetes. Biasanya bisa digabung dengan beberapa sayuran hijau menjadi salad yang sedap. Namun tentunya tanpa gula atau bahan pemanis, karena memang untuk mengendalikan kadar gula darah.

Brokoli memiliki keanekaragaman dalam memasaknya, tipe sayuran ini bisa klop dengan berbagai sayuran. Bisa menjadi sup, lalapan, cap jay, sayuran bening, adalah sekian banyak menu yang bisa diperoleh dari sayuran brokoli. Namun sebaiknya oleh sendiri brokoli ini tanpa pemanis, penyedap yang akan mengurangi khasiat dari brokoli ini.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger