Membuat Kompos dari Batang Pisang

Pohon pisang begitu berbuah batangnya tidak diperlukan lagi karena memang cuma berbuah sekali. Biasanya batang pisang dibiarkan roboh sendiri atau diambil daun pisangnya untuk dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga. Padahal batang pisang bisa diolah menjadi kompos, tentunya akan lebih bernilai daripada dibiarkan begitu saja.

Beberapa memang memanfaatkan batang pisang ini untuk menjadi media ternak belut. Namun biasanya kebutuhannya tidak terlalu banyak, dan jarang yang mau memanfaatkan batang pisang untuk keperluan lainnya. Bisa juga sih batang pisang digunakan oleh anak-anak untuk bermain getekan, memang batang pisang ini bisa dirakit dan bisa menjadi perahu dan digunakan untuk bermain di sungai.

Namun bila bisa lebih jeli batang pisang akan memberi manfaat lebih bila diolah menjadi kompos. Prosesnya sebenarnya tidak terlalu ribet, hanya memang butuh kemauan dan tenaga untuk mengolah batang pisang ini menjadi kompos. Memang bila ingin menghasilkan kompos dengan baik, batang pisang ini harus diolah dulu lebih kecil agar proses pengomposan lebih cepat berjalan.

Meskipun bisa saja dibiarkan dalam bentuk gelondongan, hanya akan memakan waktu lebih lama. Juga kualitas komposnya akan lebih baik bila dicampur dengan unsur lain sehingga memperkaya komponen kompos yang akan dihasilkan. Sedikit ribet tapi akan meningkatkan kualitas kompos nantinya.

Menyiapkan lahan pengomposan

Sebenarnya bila ingin memproses batang pisang dalam jumlah besar memang sebuah komposter akan kurang cukup besar. Jadi butuh sebuah komposter yang besar, bisa saja dengan memanfaatkan lahan di sekitar lahan kebun pisang ini. Sebuah lubang di tanah bisa digunakan sebagai tempat untuk proses pengomposan.

Meskipun bisa juga dengan memanfaatkan struktur lahan yang ada di sekitar kebun pisang. Kemudian menggunakan penutup terpal plastik untuk melakukan proses pengomposan. Ini terlihat lebih bisa dilakukan bila memang hasil kompos direncanakan untuk dijual atau digunakan ditempat lain.

Menyiapkan bahan kompos

Bila ingin hasil kompos yang optimal, memang batang pisang ini harus diolah. Setidaknya konturnya bisa dibuat lebih kecil, caranya sebenarnya cukup mudah. Batang pisang memiliki struktur seperti pelepah yang mudah diambil satu demi satu dengan menggunakan pisau. Kemudian lapisan ini dipotong lebih kecil untuk memudahkan pencampuran dengan bahan kompos lainnya.

Bahan yang bisa dicampurkan pada batang pisang ini bisa berupa pupuk kandang atau limbah pertanian lainnya. Hanya memang percampurannya harus homogen, sehingga akan menghasilkan proses pengomposan yang sempurna. Tentunya ini bisa melihat ketersediaan bahan kompos di kebun pisang. Semua limbah pertanian bisa dimanfaatkan menjadi bahan kompos.

Mengelola proses pengomposan

Sebenarnya asal percampuran bahan kompos sudah homogen, maka proses pengomposan akan berjalan dengan cepat. Hanya memang harus dilakukan pembalikan untuk meratakan proses pengomposan, meskipun ini tidak harus. Ini hanya bila dikejar waktu dan pingin proses pengomposan berjalan cepat.

Biasanya sebulan proses pengomposan sudah bisa terlihat, ada perubahan warna dan kontur dari percampuran batang pisang tadi. Hanya memang proses pengomposan akan berjalan cepat bila dicampurkan kompos yag sudah jadi. Ini bukan keharusan tapi bisa membuat proses pengomposan menjadi lebih cepat.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger