Khasiat Buah Nangka

Pohon nangka banyak tumbuh di daerah tropis, aroma buah nangka yang khas menandakan saat musim nangka telah tiba. Beberapa ahli menemukan unsur kimia alami pada aroma nangka ini yang menandakan bahwa buah nangka sudah matang dan enak sekali bila dikonsumsi. Memang ditemukan pada buah nangka unsur fiber yang baik bagi organ pencernaan tubuh.

Asal jangan terlalu banyak konsumsinya, buah nangka bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Biasanya karena musimnya yang tertentu, membuat orang sering “kemaruk” saat menemui musim nangka ini. Tak jarang buah nangka segede anak kecil, yang berkisar 35-40 kg bisa habis dalam sekejab.

Memang aroma dan rasa yang lezat membuat selera makan bisa membumbung tinggi. Tidak jarang musim nangka juga diibaratkan musim sakit perut, hal ini karena terlalu banyak makan buah nangka dan juga kebersihan yang tidak dijaga. Musim nangka memang bisa bikin sakit, bila cara konsumsi dan kebersihan tidak diperhatikan.

Cara konsumsi yang benar harus diperhatikan, meski baru dipetik dari pohon, buah nangka yang sudah dibela tetap harus dicuci. Ini untuk menjaga bagi yang alergi dengan getah nangka dan juga menjaga kebersihan. Buah nangka yang matang dengan aroma yang khas sering mengundang lalat dan serangga pembawa kotoran, sehingga bisa menyebabkan sakit perut.

Buah nangka memiliki kandungan fiber yang baik bagi pencernaan

Memang kandungan fiber pada buah nangka sangat baik bagi organ pencernaan. Asal konsumsinya jangan berlebihan, sepotong buah nangka sebenarnya sudah cukup. Meskipun bagi beberapa orang separuh buah nangka yang besar kadang masih kurang, tapi asalkan dicuci bersih buah nangka tidak akan memberi akibat sakit perut.

Namun banyak pula yang mengolah buah nangka ini menjadi sayuran, terutama pada buah nangka yang belum matang. Rasanya sangat nikmat, juga sangat baik bagi pencernaan. Tidak jarang orang lebih menyukai sayur nangka bila dibandingkan buah nangkanya. Meskipun harus mengolah dulu menjadi sejenis kuliner sayuran.

Buah nangka mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan

Ada banyak kandungan vitamin dan mineral pada buah nangka yang segar atau matang. Penelitian menemukan adanya kalium yang baik bagi kesehatan jantung dan organ dalam tubuh. Juga kandungan zat besi yang baik bagi peredaran darah dan mencegah anemia. Buah nangka juga mengandung vitamin unggulan yang sangat baik dalam mencegah penyakit degeneratif.

Namun dengan banyaknya khasiat buah nangka ini bagi kesehatan, tetap cara konsumsinya harus dijaga dan diperhatikan. Musim buah nangka memang identik dengan sakit perut, jadi perhatikan kebersihan saat mengkonsumsinya. Juga jangan biarkan terhanyut oleh nikmatnya buah nangka, lebih baik konsumsi seperlunya dan berhenti sebelum kenyang.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger