Khasiat Kacang Hijau

Kacang hijau masuk dalam kategori biji-bijian, kandungannya yang tinggi protein memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Kacang hijau juga memiliki beragam bentuk untuk dikonsumsi, salah satu yang populer adalah makanan bubur kacang hijau. Juga kacang hijau ini menjadi menu langganan di posyandu maupun di acara donor darah.

Kacang hijau merupakan penyumbang protein nabati yang sehat, biasanya sangat baik bagi yang sedang diet rendah lemak. Kacang hijau juga sangat baik bagi yang sedang sakit, kandungan proteinnya sangat membantu dalam memulihkan kesehatan dengan cepat. Tidak salah banyak yang mengandalkan kacang hijau ini sebagai makanan dan juga obat.

Selain kandungan protein yang utama, kacang hijau juga memiliki kandungan beragam vitamin dan mineral. Salah satunya adalah kandungan kalsium dan fosfor, sangat baik bagi ibu hamil dan menyusui. Ini akan membantu bagi janin dalam pertumbuhan tulang dan perkembangan organ tubuh lainnya.

Kacang hijau memiliki beragam bentuk makanan, bisa diolah menjadi kecambah, bisa diolah menjadi jajanan yang lezat. Namun yang paling populer adalah jajanan bubur kacang hijau, begitu mudah makanan jenis ini didapatkan di pinggir jalan. Selain lezat juga memberi asupan gizi yang baik tubuh, kacang hijau meningkatkan kesehatan secara optimal.
Kacang hijau sumber protein nabati yang utama
Kandungan protein yang tinggi bisa menjadi alternatif bagi yang sedang melakukan diet rendah lemak. Biasanya protein hewani akan diganti dengan protein nabati, maka kacang hijau adalah salah satu penggantinya. Kacang hijau juga mudah diolah, bila ingin sedikit mengenyangkan bisa dibikin bubur kacang hijau.

Namun bila ingin dibikin sayuran bisa saja diolah menjadi kecambah, yang akan menambah nilai gizinya. Kecambah memang produk lain dari kacang hijau, memiliki lebih banyak nilai gizi dari kacang hijau. Namun tetap mensuplai kandungan protein yang baik bagi kesehatan. Kacang hijau juga bisa dibikin lentho, atau panganan lainnya yang bisa disesuaikan dengan selera lidah.

Kacang hijau berkhasiat penting bagi pertumbuhan tubuh

Pada anak usia sekolah maupun balita, menu kacang hijau harus selalu ada setiap harinya. Kacang hijau akan membantu pertumbuhan tubuh, otak dan organ lainnya secara optimal. Ini penting bagi mereka yang berada di usia pertumbuhan, disini pertumbuhan mereka dipacu seoptimal mungkin.

Mungkin akan bosan bila menunya hanya dalam bentuk bubur kacang hijau, ini bisa dilakukan diversifikasi panganan dari kacang hijau. Bisa dibikin gorengan sebagai lauk, bisa dibikin sebagai sayur. Cara ini memang harus dilakukan agar bisa didapatkan khasiat kacang hijau yang baik bagi pertumbuhan tubuh. Membuat anak-anak menjadi lebih sehat dan cerdas.

Kacang hijau berkhasiat memulihkan kesehatan dengan cepat

Bagi yang baru sakit berat atau kecapekan, kacang hijau memiliki khasiat yang baik dalam memulihkan kesehatan maupun kecapekan. Kandungan protein yang tinggi akan meningkatkan fungsi tubuh dalam memperbaiki organ yang mengalami kerusakan atau kelelahan. Biasanya sangat baik dibikin seperti bibur kacang hijau dalam konsumsinya.

Memang kacang hijau memiliki kandungan protein yang tinggi, sangat sayang untuk dilewatkan dalam menu sehari-hari. Harganyapun cukup murah dan terjangkau, cara mengolahkan juga gampang. Tinggal bagaimana berkreasi dengan beragam menu makanan agar diperoleh kandungan gizi yang baik bagi tubuh ini.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger