Apa Jadinya Bila Lapisan Es di Kutub Meleleh?

Memang bisa menjadi mimpi buruk bagi kehidupan di tepi pantai dan dataran rendah lainnya, bila lapisan es di kutub meleleh semua. Ini digambarkan oleh peneliti dari National Geographic yang membuat denah daerah-daerah yang akan berada di bawah air, akibat bila lapisan es di kutub. Meskipun masih dalam prediksi, tapi kenyataan memang mengambarkan sebagian kecil dari peristiwa besar ini.

Sudah berkali-kali beberapa daerah tepi pantai dan dataran rendah mengalami banjir saat musim hujan. Ini memang menandakan sebagian kecil dan kenyataan yang akan terjadi bila lapisan es di kutub meleleh semua. Memang hal ini bisa terjadi saat pemanasan global sudah di ambang mengkhawatirkan. Saat emisi karbon sudah tidak bisa terkontrol, maka suhu bumi sudah mencapai titik kulminasinya.

Suhu bumi yang panas memang mulai mencatatkan rekornya karena memang tidak pernah terjadi sebelumnya. Setiap tahun suhu bumi mengalami kenaikan signifikan, bahkan tidak ada yang bisa mengontrol kenaikan suhu bumi ini. Akibatnya lapisan es yang sudah ribuan tahun tidak meleleh, mulai meleleh sebagian.

Boleh dibilang daerah yang terancam memang daerah pantai dan dataran rendah, yang diperkirakan menjadi tempat tinggal jutaan bahkan milyaran manusia. Mungkin akan menjadi eksodus besar-besaran saat daerah kritis tersebut tenggelam akibat melelehnya lapisan es di kutub. Memang bukan sekarang, tapi ini merupakan ancaman iminen yang harus dipikirkan solusinya.

Selama ini orang masih memperdebatkan emisi karbon dan pemanasan global. Banyak yang masih belum setuju dengan emisi karbon, perubahan iklim dan pemanasan global yang terjadi. Masing-masing beropini sesuai dengan data yang dimiliki dan kepentingan besar di belakangnya. Toh bagi setiap orang akibatnya memang akan dirasakan sendiri-sendiri. Boleh dibilang panasnya cuaca memang paling dirasakan di beberapa tempat kawasan tropis, subtropis dan sedikit kawasan dingin lainnya.

Namun melelehnya lapisan es dikutub sudah terjadi secara dramatis, beberapa lokasi memang selamanya membeku. Namun dengan pemanasan global tempat-tempat itu bukan lagi lapisan es, tapi sudah berubah menjadi air. Memang menurut penelitian adanya penelitian kenaikan permukaan laut secara pasti. Apa yang disitilahkan banjir rob, daerah pantai yang terendam oleh air laut, adalah hal yang menandakan kenaikan permukaan air laut.

Garis pantai memang akan berubah secara pasti, beberapa tempat akan menjadi genangan air atau lautan. Meskipun air bukanlah hal yang membahayakan, namun perubahan ekologi bisa membahayakan kenyamanan hidup manusia. Bisa dibilang menyebarnya penyakit, buruknya sanitasi adalah sekian hal yang akan terjadi saat dataran merubah menjadi lautan, dan itu akan terjadi secara pasti. Sesuatu yang harus anda lakukan untuk mencegah hal ini terjadi, mengurangi emisi karbon adalah hal krusial dalam mengatasi melelehnya lapisan es di kutub.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger