Khasiat Mangga

Buah mangga dikenal luas dan menjadi buah yang ditanam di hampir semua halaman rumah. Rasanya yang manis menjadi kesukaan banyak orang, dibalik itu ternyata buah mangga memiliki khasiat yang mencengangkan. Kandungan mineral dan vitamin pada buah mangga sangat tinggi hingga berguna bagi kesehatan tubuh.

Namun di beberapa tempat musim mangga identik dengan sakit perut, hal ini karena kebersihan saat mengkonsumsinya diabaikan. Buah mangga yang harum dan manis ini memang mengundang lalat penyebar sakit perut untuk datang. Akibatnya bila tidak dicuci saat mengkonsumsinya, maka sakit perut bisa saja terjadi. Memang buah mangga bukan penyebab sakit perut, tapi pola hiegenis yang kurang membuat kuman dan bakteri ikut masuk ke dalam perut.

Juga hati-hati dengan getah dari buah mangga, beberapa mengalami gatal-gatal akibat bersinggungan dengan getah pada buah mangga. Ini terutama pada buah mangga yang masih muda atau belum terlalu masak. Meskipun orang sering menyukai buah mangga yang setengah masak, biasanya digunakan untuk membuat rujak manis atau sejenis manisan yang diolah dulu sebelum dikonsumsi.

Namun rasa mangga yang manis ini jauh dari kesegarannya, orang memanfaatkan untuk membuat eskrim, jus buah, manisan, yang jelas akan berkurang khasiat vitamin maupun mineralnya. Justru konsumsi buah mangga dalam bentuk matang yang segar akan lebih banyak kandungan vitamin dan mineralnya. Meskipun orang sering mengabaikan, bahwa sebenarnya buah mangga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Mangga berkhasiat sebagai sumber vitamin dan mineral

Memang ada banyak jenis mangga, namun rata-rata memiliki kandungan vitamin dan mineral yang beragam. Salah satu yang menonjol adalah kandungan mineral jenis beta-carotene, polyphenol, yang oleh beberapa lembaga riset sangat berguna dalam mengatasi penyakit degenerasi. Buah mangga juga memiliki kandungan mineral seperti lutein, alpa-carotene yang berguna bagi metabolisme di tubuh.

Buah mangga secara jelas memiliki kandungan vitamin A, C yang sangat rawan bila diolah menjadi sebuah panganan. Jadi konsumsi buah mangga dalam bentuk segar agar diperoleh kandungan vitaminnya yang tinggi. Juga perhatikan getah mangga yang kadang bisa bikin serik di tenggorokan, kadang bisa batuk bila memaksakan mengkonsumsi buah mangga yang belum begitu matang.

Buah mangga berkhasiat meningkatkan kesehatan tubuh

Memang kandungan vitamin dan mineral yang tinggi akan sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Biasanya saat musim mangga akan banyak pedagang buah mangga keliling, dan semakin banyak pilihan buah mangga dengan rasa yang berbeda. Konsumsi buah mangga yang cukup matang dan segar, bila mendapati buah mangga masih belum matang, maka simpan dalam kulkas, biasanya untuk 3-5 hari sudah cukup matang untuk dikonsumsi.

Buah mangga juga dikenal sebagai buah dengan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Biasanya akan sangat nikmat mengkonsumsinya sesuah makan, meskipun sebenarnya makan buah mangga bisa meningkatkan nafsu makan. Apalagi bila dibikin rujak manis, rasanya yang agak pedas semakin membuat nafsu makan bertambah besar.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger