Desain Rumah yang Hemat Energi

Ada rumah yang dikenal ramah lingkungan dan hemat energi, desainnya memang memberikan efek positif bagi konsumsi listrik. Meskipun lokasi maupun lingkungan akan sangat berpengaruh pada penggunaan listrik. Namun dengan desain rumah yang tepat bisa mengurangi penggunaan energi listrik yang tidak perlu.

Memang saat ini biaya energi listrik semakin mahal, hal ini karena penggunaan energi yang tidak terbaharuhkan juga semakin mahal. Meskipun energi alernatif yang digadang-gadang juga tak kunjung jalan dengan baik. Ada banyak faktor sehingga penggunaan energi tidak terbaharuhi masih terlalu tinggi dalam menyediakan listrik di rumah tangga.

Namun sudah beberapa langkah investasi besar dengan penggunaan energi solar, namun karena komponen awalnya masih cukup mahal membuat penetrasinya masih kurang besar. Salah satu yang masih bisa dlakukan adalah dengan mendesain rumah dengan lebih baik. Memang cara ini sebenarnya sudah diterapkan sejak lama, tapi sering terabaikan manfaatnya dalam menghemat energi listrik.

Desain rumah yang hemat listrik adalah mengutamakan sebuah rumah yang bisa mengurangi penggunaan listrik, baik untuk mendinginkan ruangan maupun untuk menerangi ruangan. Meskipun tetap saja penggunaan energi panel surya masih menjadi prioritas, karena ini akan memotong secara draktis penggunaan energi yang tidak terbaharuhi. Namun bila penyedia energi lsitrik sudah menyediakan listrik hijau, maka tetap saja penghematan atau efisiensi dalam penggunaan listrik masih diperlukan.

Mengatur sistem ventilasi rumah yang baik

Memang pengaturan system ventilasi rumah sangat berpengaruh dalam mendinginkan ruangan. Udara yang bisa mengalir secara cepat bisa mendinginkan rumah dengan baik, tanpa harus menggunakan peralatan yang berarti. Lubang ventilasi udara untuk masuk harus memiliki alur keluar secara cepat dan melewati seluruh titik di dalam rumah.

Meskipun bisa juga dengan meninggikan atap rumah maka akan diperoleh pendinginan ruangan yang baik. Namun tetap saja seluruh titik rumah harus mendapatkan aliran udara secara cepat agar tetap dingin. Cara ini dikenal sangat mudah dan murah, namun hasilnya cukup bagus dalam mendinginkan ruangan.

Mengatur sistem pencahayaan dalam rumah

Selain lubang ventilasi, jendela rumah juga tidak kalah penting. Jendela rumah harus ada di setiap ruangan dan memberi akses penerangan yang cukup ke dalam ruangan. Ini akan mengurangi penggunaan lampu di siang hari. Banyak pembuatan struktur rumah yang terlalu mempet sehingga tidak memberi tempat bagi pencahayaan yang baik di dalam rumah.

Padahal bila dihitung per kwh dalam seharinya, kemudian dalam sebulan dan pertahunnya, maka akan diperoleh angka yang menahjubkan. Memang penggunaan lampu di siang hari harusnya sudah tidak diperlukan. Ini sudah termasuk pemborosan yang tidak perlu, dengan pengaturan posisi jendela yang baik maka akan diperoleh cahaya alami untuk penerangan rumah di siang hari.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger